Pemprov DKI Galakkan Persiapan Hadapi Banjir

Rabu, 11 November 2015 - 16:03 WIB
Pemprov DKI Galakkan...
Pemprov DKI Galakkan Persiapan Hadapi Banjir
A A A
JAKARTA - Memasuki musim hujan dan mengantisipasi bencana banjir, sejumlah persiapan pun terus digalakkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Di antaranya melakukan pembersihan dan pendalaman saluran air dititik rawan banjir.

"Kami harapkan kalau sungai dan waduk bisa kami keruk dan perdalam, minimal kami bisa kurangi banjir," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat di Condet, Jakarta Timur, Rabu (11/11/2015).

Langkah lain yang diambil Pemprov DKI untuk menghadapi banjir adalah membuka pintu air pada saat hujan. Hal ini agar air hujan dari Bogor bisa langsung menuju ke muara Jakarta.

"Begitu hujan, kami minta pintu air dibuka. Jadi meskipun di (Bendung) Katulampa siaga tiga, air tidak akan naik karena kami buka. Siaga dua pun ini enggak akan naik. Ini memastikan bahwa (soal pintu air) sudah beres," tambahnya.

Selain itu, pengecekan mesin pompa yang digunakan untuk menyedot banjir serta membuang airnya. Djarot juga meminta masyarakat meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan agar tidak membuang sampah sembarangan. Pasalnya mesin pompa bisa tidak bekerja jika tersangkut sampah.

"Terutama mesin pompa yang di kawasan Jakarta Utara. Kami juga memastikan pintu-pintu air bersih dari sampah," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, baling-baling pada mesin pompa air di Dukuh Atas Jakarta Pusat sempat tidak berfungsi karena banyaknya sampah yang menyangkut. Akibatnya di terowongan Dukuh Atas terendam banjir sekitar 50 hingga 100 cm pada Sabtu 7 November 2015.

PILIHAN:

7 PSK dan 2 Tukang Ojek Diamankan Polisi dari Taman Sari
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8816 seconds (0.1#10.140)