Bangun 14 Halte, Pemkot Depok Harus Benahi Transportasi

Senin, 25 Mei 2015 - 08:31 WIB
Bangun 14 Halte, Pemkot Depok Harus Benahi Transportasi
Bangun 14 Halte, Pemkot Depok Harus Benahi Transportasi
A A A
DEPOK - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan membangun 14 halte yang nantinya sebagai sarana penunjang beroperasinya Transjabodetabek. Ke 14 halte itu akan dibangun sepanjang Jalan Margonda sampai Juanda, empat di Margonda dan 10 di Juanda.

Pengamat transportasi dari Universitas Indonesia (UI) Boy Berawi mengatakan, sudah saatnya peningkatan fasilitas sarana transportasi umum dilakukan. Yang perlu diingat, fasilitas itu haruslah nyaman dan layak sehingga bisa membuat pengguna beralih dari kendaraan pribadi ke moda transportasi massal.

"Kalau sudah nyaman tentunya bisa mengurangi minat pengguna kendaraan pribadi. Sehingga mereka lebih memilih menggunakan transportasi umum," kata Boy di Depok, Minggu 24 Mei 2015.

Dengan rasio jalan yang ada di Margonda saat ini, kata dia, bukan kendala bus besar melintas. Karena yang terpenting adalah bagaimana mengatur frekuensi kendaraan itu di jalanan sehingga tidak mengganggu kendaraan lain atau dikhaatirkan terjadi penumpukan.

"Pekerjaan sarana dan fasilitas jalan harus cepat dilakukan juga. Jadi pengguna benar-benar bisa merasakan kenyamanan dan mau beralih," katanya.

Pembangunan 14 halte itu menyusul setelah Depok menerima 25 bus dari Kementerian Pehubungan. Bus dengan kapasitas 50 tempat duduk itu akan beroperasi dari Depok sampai Cawang/PGC Cililitan. Jalur yang akan dilewati yaitu Jalan Margonda, Juanda, Tol Cijago hingga Cawang.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6464 seconds (0.1#10.140)
pixels