Pelaku Begal Kanal Banjir Timur Spesialis SPBU

Selasa, 12 Mei 2015 - 03:09 WIB
Pelaku Begal Kanal Banjir Timur Spesialis SPBU
Pelaku Begal Kanal Banjir Timur Spesialis SPBU
A A A
JAKARTA - Aparat kepolisian telah menangkap tiga dari tujuh pelaku begal yang biasa beroperasi di Kanal Banjir Timur (KBT). Pelaku begal yang diidentifikasi merupakan komplotan A alias D ini merupakan pelaku begal berspesialisasi beroperasi di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Komplotan ini telah melakukan tiga kali pencurian dengan kekerasan pada April 2015. Dua di antaranya dilakukan di SPBU di Jakarta Timur, sementara sisanya di sebuah SPBU di Depok, Jawa Barat.

"Jadi mereka ini spesialis SPBU," jelas Kasubdit Jatanras Reskrimum Polda Metro Jaya AKBP Heri Heriawan di Jalan Raya Ciracas, Kompleks Damkar, Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur, Senin (11/5/2015).

Modus yang digunakan pelaku, mereka membuntuti karyawan yang betugas menyetor uang SPBU ke bank. Bahkan, kelompok yang berasal dari Madura, Jawa Timur itu telah menghafalkan waktu sang pegawai SPBU untuk melakukan setoran. "Mereka sudah tahu tiap Senin jam tertentu karyawan setor duit SPBU ke bank," jelasnya.

Selain itu, ketujuh tersangka merupakan pelaku pencurian dengan kekerasan yang menewaskan juragan beras. Bahkan, seorang juragan beras lainnya, juga turut menjadi korban. "Juragan beras ada dua. Satu tewas, satunya tidak," ungkap Heri.

Para sindikat curas tersebut berhasil mengumpulkan sekira Rp1 miliar dari aksi kejahatannya tersebut. Setelah beraksi, para pelaku lantas membagi-bagikan hasil jarahan.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6100 seconds (0.1#10.140)