May Day, Ribuan Buruh Padati Bundaran HI

Jum'at, 01 Mei 2015 - 10:34 WIB
May Day, Ribuan Buruh Padati Bundaran HI
May Day, Ribuan Buruh Padati Bundaran HI
A A A
JAKARTA - Ribuan buruh mulai memenuhi kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. Mereka memenuhi kawasan Bundaran HI untuk meneriakan semua tuntutannya itu agar nasib para buruh dapat berubah lebih baik lagi.

Berdasarkan pantauan, puluhan ribu buruh mulai memadati Bundaran HI sejak pagi hari, sekitar pukul 07.00 WIB. Hanya saja, puluhan buruh itu mulai meringsek masuk ke kawasan Bundaran HI sejak sekitar pukul 10.00 WIB.

Para buruh itu berdatangan dari segala sudut japan yang menuju ke Bundaran HI. Mereka pun berasal dari berbagai macam daerah, baik yang ada di kawasan Jakarta maupun dari luar kota Jakarta, seperti dari Pulogadung, Bekasi, dan Cikarang.

Salah seorang buruh dari FPPI Generasi Perjuangan Buruh Indonesia, Caskim (40) mengaku datang dari Pulogadung untuk berdemo memperingati hari buruh.

Di hari buruh itu, dia bersama kawan-kawannya yang bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang produksi pembersih motor dan mobil itu untuk pula memperjuangkan hak-haknya sebagai seorang buruh.

"Kami datang dari pagi di Jakarta. Baru sekarang kita gerak ke HI sesuai instruksi koordinator. Kami gabungan buruh dari Cikarang, Bekasi, dan Pulo Gadung dari FPPI Generasi Perjuangan Buruh Indonesia. Dari kami ada tiga ribu buruh," ujarnya saat berbincang dengan Sindonews, Jumat (1/5/2015).

Selain Caskim yang tergabung di FPPI itu, masih terdapat persatuan buruh lainnya yang datang dengan membawa bendera persatuannya masing-masing.

Mereka bersama-sama memenuhi kawasan HI. Seperti salah seorang buruh dari Konfederasi Serikat Buruh Indonesia (KSBI), Rian (36) mengatakan, doronya datang dari kawasan Cibitung bersama 600 orang kawan-kawannya yang satu perusahaan.

Dia datang untuk mengikat solidaritas sesama buruh yang kini ada di kawasan Bunderan HI itu. Dia pun hendak menyuarakan keinginannya itu di semua para buruh dan masyarakat Jakarta.

"Ini solidaritas kami sebagai sesama buruh yang memang menginginkan adanya perubahan bagi kmai sendiri. Saya dari Cibitung bersama 600 kawan-kawan saya. Berangkat pagi sampai sini jam 09.00 WIB," jelasnya.

Puluhan ribu buruh itu kini sedang melakukan orasi di kawasan Bunderan HI. Mereka meneriakan semua tuntutannya menggunakan pengeras suara yang memang telah disiapkannya itu oleh masing-masing persatuan buruh.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8328 seconds (0.1#10.140)