Obama Hendak Kunjungi Kenya, Tanah Air Ayahnya

Selasa, 31 Maret 2015 - 10:07 WIB
Obama Hendak Kunjungi Kenya, Tanah Air Ayahnya
Obama Hendak Kunjungi Kenya, Tanah Air Ayahnya
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, berencana mengunjungi Kenya, negara ayah kandungnya. Rencana kunjungan ini merupakan yang pertama kali sejak Obama jadi Presiden AS enam tahun lalu.

Rencana lawatan Obama ke Tanah Air ayahnya itu disampaikan Gedung Putih, Senin kemarin. Kunjungan Obama ke Kenya dijadwalkan bulan Juli ini, bersamaan dengan agenda Obama untuk menghadiri KTT Global Entrepreneurship di wilayah Afrika Timur.

Obama telah mengunjungi wilayah Afrika empat kali sejak menjadi presiden. Namun, dia belum pernah mengunjungi negara asal ayah kandungnya.

Dalam lawatannya ke Kenya, Obama juga dijadwalkan bertemu pemimpin Kenya, Kenyatta, yang telah adidili di Pengadilan Kriminal Internasional (ICC). Kenyatta didakwa atas kasus kekerasan tahun 2007-2008 usai pemilu di negara itu.

Kasus ini dibuka bulan Desember 2014. Namun, jaksa ICC mengeluh, karena pemerintah Kenya kurang bekerjasama. Selain itu kasus itu sarat penyuapan dan intimidasi terhadap para saksi.

”Presiden Obama akan bertemu di Kenya,” kata seorang pejabat Gedung Putih kepada AFP, Selasa (31/3/2015) mengacu pada pertemuan dengan Kenyatta. ”Perjalanan presiden akan menciptakan kesempatan lain untuk dialog dengan pemerintah dan masyarakat sipil pada masalah ini,” lanjut pejabat itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3530 seconds (0.1#10.140)