Vladimir Putin Disebut Miliki Rp3.110 Triliun, Ini 3 Teori Dirinya Kumpulkan Kekayaan

Jum'at, 30 Desember 2022 - 15:20 WIB
loading...
Vladimir Putin Disebut Miliki Rp3.110 Triliun, Ini 3 Teori Dirinya Kumpulkan Kekayaan
Presiden Rusia Vladimir Putin disebut sangat kaya dengan memiliki kekayaan lebih dari Rp3.110 triliun. Ada tiga teori tentang sang presiden mengumpulkan kekayaan. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Ketika Rusia menginvasi Ukraina sejak 24 Februari, mata dunia tertuju pada Presiden Vladimir Putin . Pemimpin Kremlin ini dilaporkan sangat kaya, namun tidak semua asetnya tertulis.

Pertanyaan atas kekayaan pribadi Presiden Rusia Vladimir Putin muncul ketika Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengungkapkan rencana untuk menjatuhkan sanksi baru pada dua wilayah yang memisahkan diri di Ukraina, Luhansk dan Donetsk, beberapa bulan lalu.

Pengakuan kemerdekaan Luhansk dan Donetsk oleh Putin—yang sejak dua bulan lalu resmi bergabung dengan Federasi Rusia—mendorong Biden untuk mengumumkan penerbitan perintah eksekutif yang akan melarang investasi, perdagangan, dan pembiayaan baru oleh orang AS ke, dari, atau di dua wilayah tersebut.

Baca Juga: Delapan Pemimpin Dunia Terkaya Sejagat

Hal ini membawa fokus kembali ke kekayaan pribadi Presiden Rusia yang sangat besar, meskipun kekayaan bersihnya tidak pernah tertulis secara resmi.

Menurut data resmi Kremlin, Putin menghasilkan sekitar 8,6 juta rubel per tahun, tetapi menurut para ahli, angka itu jauh dari kekayaannya yang sebenarnya.

Pemimpin Rusia itu dilaporkan memiliki banyak rumah, armada kapal pesiar, mobil, dan bahkan istana rahasia senilai ratusan miliar dolar.

Mantan penasihat pemerintah Rusia Stanislav Belkovsky pernah memperkirakan kekayaan Putin bernilai sekitar USD70 miliar, sementara manajer hedge fund AS Bill Browder mengatakan kepada The Washington Post bahwa kekayaannya lebih dari USD200 miliar (lebih dari Rp3.110 triliun).

3 Teoris tentang Bagaimana Putin Menghasilkan Uang

Investigasi oleh Forbes mengungkap tiga teori utama tentang bagaimana Putin mengumpulkan kekayaannya yang bernilai miliaran dolar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)