Banyak Bangunan Bertingkat, Depok Tak Miliki Armada Pemadam Skylift

Sabtu, 28 Maret 2015 - 12:28 WIB
Banyak Bangunan Bertingkat, Depok Tak Miliki Armada Pemadam Skylift
Banyak Bangunan Bertingkat, Depok Tak Miliki Armada Pemadam Skylift
A A A
DEPOK - Pemkot Depok hingga kini belum memiliki mobil pemadam kebakaran bertingkat (skylift). Padahal di kota ini sudah terdapat 12 bangunan berlantai 25.

Fasilitas mobil pemadam kebakaran ini sangat penting terjadi kebakaran di gedung berlantai tinggi "Kami belum memiliki mobil tersebut. Mobil itu sangat penting guna memadamkan api di lokasi tinggi seperti apartemen, mall, dan lainnya," ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Depok, Yayan Ariyanto.

Menurut Yayan, peralatan pemadam kebakaran yang dimiliki saat ini masih sangat standar. Hanya saja masih dapat digunakan untuk menangani kebakaran dalam skala kecil. Misalnya, penanganan kebakaran di pemukiman dan rumah penduduk.

Tapi jika terjadi kebakaran di gedung bertingkat tinggi pihaknya mengaku tidak memiliki kelengkapan. "Tapi pembelian mobil dengan tangga tersebut sudah menjadi skala prioritas Pemkot Depok. Tahun 2016 kita akan memiliki mobil dengan fasilitas tangga tersebut," kata dia.

Dia berharap Depok dapat segera memiliki mobil pemadam bertingkat seperti kota lainnya. Dicontohkan, DKI Jakarta saat ini telah memiliki mobil dengan tangga yang memiliki ketinggian 99 meter, Kota Surabaya baru-baru ini memiliki mobil dengan tangga ketinggaian 44 meter.

Yayan berharap Damkar Depok memiliki mobil dengan ketinggian tangga 44 meter. "Dengan memiliki tangga 44 meter dan daya semprot yang mencapai 60 meter mampu mengatasi segala macam jenis kebakaran yang terjadi di apartemen berlantai 25," ungkapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6188 seconds (0.1#10.140)