Tiket Harian Berjamin Commuter Line Naik Jadi Rp10 Ribu

Selasa, 24 Maret 2015 - 19:20 WIB
Tiket Harian Berjamin Commuter Line Naik Jadi Rp10 Ribu
Tiket Harian Berjamin Commuter Line Naik Jadi Rp10 Ribu
A A A
JAKARTA - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) menaikan harga jaminan e-ticketing yang ada di tiket harian berjamin (THB) dan kartu multi trip (KMT). Kenaikan terjadi lantaran kartu single trip itu kerap hilang. Kenaikan pun terjadi karena disesuaikan dengan perubahan tarif Commuter Line.

Humas PT KCJ Eva Chairunnisa mengatakan, pada Rabu 1 April mendatang, tarif Commuter Line akan mengalami perubahan. Tarif tersebut tidak lagi di hitung berdasarkan per stasiun, melainkan di hitung berdasarkan per kilometer.

Eva menyampaikan, perubahan tarif itu sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 28/2012, dalam peraturan tersebut angkutan umum harus menerapkan tarif sesuai kilometer yang dilalui penumpang.

"Jarak minimal itu 25 kilometer dengan tarif Rp5.000. Tapi, karena mendapatkan subsidi, penumpang hanya bayar Rp2.000. Lalu, tiap 10 kilometer selanjutnya, penumpang membayar Rp1.000," ujarnya saat dihubungi Sindonews, Selasa (24/3/2015).

Eva mengungkapkan, selain mengalami perubahan tarif, harga jaminan pada tiap kartu pun mengalami perubahan. Pada THB, harga jaminan yang tadinya Rp5.000 menjadi Rp 10.000.

Sedangkan kartu multi trip yang tadinya Rp7.000 menjadi Rp11.000."Perubahan harga jaminan pun disesuaikan dengan perubahan tarifnya. Penyebab lainnya perubahan harga jaminan, karena kartu THB itu sering hilang. Kalau sudah kadaluarsa, penumpang malah membuang kartunya, bukannya dikembalikan saja," terangnya.

Menurut Eva, untuk membuat kartu THB saja dibutuhkan waktu yang lama. Proses pembuatannya pun tidaklah gampang, kartu tersebut tidak dapat di pesan secara satu persatu-satu.

"Kalau mau enggak kadaluarsa, yah harusnya beli kartu multi trip saja. Itu kan tidak ada batas waktunya. Kalau kartu multi trip-nya dikembalikan, saldonya pun akan kami kembalikan," tutupnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8209 seconds (0.1#10.140)