Jelang Natal, 300 Personel Gabungan Amankan 20 Gereja di Cilandak

Sabtu, 24 Desember 2022 - 11:01 WIB
loading...
Jelang Natal, 300 Personel Gabungan Amankan 20 Gereja di Cilandak
Polisi melakukan pemeriksaan kepada jemaat yang hendak masuk ke gereja. Hal itu sebagai upaya pengamanan yang dilakukan polisi pada saat perayaan Natal. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Polsek Cilandak bakal melakukan pengamanan pada 20 gereja yang ada di wilayah hukumnya menjelang perayaan Natal 2022. Setidaknya, ada 300 personel gabungan dikerahkan guna pengamanan tersebut.

"Polsek Cilandak siap amankan 20 gereja dalam perayaan Natal," ujar Kapolsek Cilandak Kompol Wahid Key kepada wartawan, Sabtu (24/12/2022).

Untuk mengamankan puluhan gereja itu, kata dia, Polsek Cilandak bersama unsur Koramil, dan Kecamatan Cilandak mengerahkan personelnya. Adapun tiap personel itu disebar di 20 titik gereja yang ada di wilayah Cilandak.

"Gabungan Polsek, Koramil, Kecamatan dan potensi masyarakat kemarin diapelkan berjumlah 300," tuturnya.

Wahid Key menerangkan, polisi meminta agar panitia atau pengurus gereja untuk menyiapkan pamdal internal, mendata jemaat, mengatur pintu masuk, dan pintu keluar, serta berkoordinasi dengan aparat. Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya hal tak diinginkan.

"Untuk jemaat gereja, agar tidak membawa tas besar, mengikuti proses dan aturan yang diberikan pengurus gereja," imbuhnya.



Dia mengungkapkan, selain melakukan pengamanan di 20 titik gereja itu, Pos Pengamanan juga didirikan di sejumlah titik kawasan Cilandak guna pengamanan Tahun Baru 2023. Pospam tersebut juga sebelumnya telah dikunjungi dan dilakukan pengecekan oleh Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Ade Ary.

"Pospam dibangun sebagai bentuk kesiapan Polri, khususnya Polsek Cilandak dalam mengamankan rangkaian ibadah dan perayaan Natal serta tahun baru 2023," jelasnya.

Wahid Key menambahkan, Pospam tersebut tidak hanya diisi oleh Polisi saja, tapi juga gabungan tiga pilar dan berbagai potensi masyarakat. Diharapkan dua kegiatan tersebut nantinya bisa berjalan dengan baik tanpa ada gangguan kamtibmas.

"Pospam juga sebagai strong point petugas untuk lebih memaksimalkan pelayanan," katanya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1771 seconds (0.1#10.140)