Banjir Dahsyat Landa Republik Demokratik Kongo, 169 Tewas

Sabtu, 17 Desember 2022 - 21:20 WIB
loading...
Banjir Dahsyat Landa Republik Demokratik Kongo, 169 Tewas
Banjir Dahsyat Landa Republik Demokratik Kongo, 169 Tewas
A A A
KINSHASA - Korban tewas akibat banjir dahsyat di Republik Demokratik Kongo terus meningkat. Hujan lebat dan banjir ekstrem telah melanda negara itu dalam beberapa hari terakhir.

“Sedikitnya 169 orang tewas akibat hujan yang merusak di ibu kota Kinshasa,” kata pernyataan Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) dan para pejabat, Jumat (16/12/2022).



Banjir juga menyebabkan 30 orang lainnya terluka dan menghancurkan sekitar 280 rumah di ibu kota berpenduduk sekitar 15 juta orang, di mana sekitar 38.000 penduduk terkena dampaknya.

Distrik Mont-Ngafula dan Ngaliema di kota itu adalah yang paling terpukul oleh hujan lebat, kata para pejabat. Tim gabungan dari OCHA dan kementerian urusan sosial mengunjungi daerah yang terkena dampak pada hari Kamis untuk memeriksa kerusakan.

"Hari ini menandai berakhirnya tiga hari berkabung nasional untuk mengenang mereka yang meninggal," kata OCHA dalam sebuah pernyataan. "Pemerintah telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan menyelenggarakan penguburan yang bermartabat dan aman bagi mereka yang kehilangan nyawa," lanjut pernyataan itu.



Diperkirakan 8,2 juta orang di setidaknya 20 negara berbeda di Afrika barat dan tengah terkena dampak hujan lebat dalam beberapa pekan terakhir. Pada hari Jumat, PBB memperkirakan bahwa 2,9 juta orang telah mengungsi dan lebih dari setengah juta rumah hancur.

Terletak di Sungai Kongo, Kinshasa telah melihat masuknya populasi besar dalam beberapa tahun terakhir dan banyak tempat tinggal adalah rumah-rumah kumuh yang dibangun di lereng rawan banjir kota yang menderita drainase dan saluran pembuangan yang tidak memadai. Laporan media tentang banjir awal pekan ini menunjukkan air berlumpur membanjiri seluruh lingkungan.

“Kami belum pernah melihat banjir sebesar ini di sini,” kata Blanchard Mvubu, seorang warga Mont-Ngafula. “Saya sedang tidur, dan saya bisa merasakan air di dalam rumah, ini bencana. Kami telah kehilangan semua harta benda kami di rumah, tidak ada yang bisa diselamatkan," lanjutnya.



Seorang pria terlihat mengangkut korban banjir di punggungnya melalui jalan-jalan yang terendam dengan pembayaran 500 franc Kongo (USD0,24). Provinsi Equateur, Maniema, Nord-Ubangi, Sud-Ubangi, dan Tshopo juga dilanda banjir parah sejak Oktober.

Pada tahun 2019, setidaknya 39 orang tewas di Kinshasa ketika hujan deras melanda lingkungan kota yang rendah, membanjiri seluruh distrik, dan menyebabkan runtuhnya bangunan dan jalan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1448 seconds (0.1#10.140)