UNPAR Pertahankan Akreditasi Unggul dari BAN-PT, Konsisten Jaga Budaya Mutu

Rabu, 14 Desember 2022 - 13:36 WIB
loading...
UNPAR Pertahankan Akreditasi Unggul dari BAN-PT, Konsisten Jaga Budaya Mutu
Universitas Katolik Parahyangan kembali mempertahankan status akreditasi Unggul dari BAN-PT yang berlaku hingga 15 November 2027. (Foto doc UNPAR)
A A A
BANDUNG - Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) kembali mempertahankan status akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang berlaku hingga 15 November 2027.

UNPAR menjadi satu dari 47 Perguruan Tinggi di Indonesia yang mengantongi predikat teratas dalam tingkatan akreditasi yang ditetapkan BAN-PT itu.

Perpanjangan akreditasi Unggul UNPAR diterbitkan dalam Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 1998/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/PT/XII/2022 tentang Peringkat Akreditasi Perguruan Tinggi Universitas Katolik Parahyangan, Kota Bandung.

“Menetapkan peringkat akreditasi Perguruan Tinggi Universitas Katolik Parahyangan, Kota Bandung dengan status peringkat akreditasi Unggul dan Nilai 364. Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ini mulai berlaku pada tanggal 15 November 2022,” demikian tertulis dalam SK yang ditetapkan di Jakarta pada 6 Desember 2022 oleh Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT Prof. Ari Purbayanto itu.

Akreditasi Unggul merupakan predikat teratas dalam tingkatan akreditasi yang ditetapkan BAN-PT. BAN-PT menetapkan tingkatan akreditasi yaitu, Unggul, Baik Sekali, dan Baik. Akreditasi Unggul mengisyaratkan bahwa UNPAR menjamin aspek kualitas dan peluang karier lulusannya. Lebih dari itu, akreditasi Unggul menjadi salah satu acuan pula bagi masyarakat untuk memilih Perguruan Tinggi dalam melanjutkan jenjang ke pendidikan tinggi.

Berdasarkan data tahun 2021, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, terdapat 3.957 Perguruan Tinggi di Indonesia. Di sisi lain, melansir data dari laman resmi banpt.or.id, Selasa (13/12/2022), terdapat 47 Perguruan Tinggi dengan status akreditasi unggul. UNPAR menjadi salah satu Perguruan Tinggi dengan status akreditasi unggul.

UNPAR saat ini memiliki 7 Fakultas dengan 32 Program Studi. Dari jumlah tersebut, 13 Prodi di jenjang S1 sudah terakreditasi Unggul, yaitu:

1. Hubungan Internasional
2. Ekonomi Pembangunan
3. Administrasi Bisnis
4. Fisika
5. Manajemen
6. Hukum
7. Administrasi Publik
8. Arsitektur
9. Matematika
10 Teknik Industri
11. Teknik Kimia
12. Filsafat
13. Teknik Sipil

Selain itu, 3 Prodi lainnya berstatus A dan Baik Sekali, yaitu:
1. Akuntansi (A)
2. Informatika (Baik Sekali)
3. Teknik Elektro (Baik Sekali)

Sementara di jenjang S2:
1. Teknik Sipil (Unggul)
2. Arsitektur (A)
3. Manajemen (Baik Sekali)
4. Hukum (Baik Sekali)
5. Teknik Industri (Baik Sekali)
6. Teknik Kimia (Baik Sekali)
7. Ilmu Sosial (B)
8. Filsafat Keilahian (B)
9. Administrasi Bisnis (B)
10. Hubungan Internasional (B)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2613 seconds (0.1#10.140)