Cegat Bus, Kelompok Bersenjata Culik 30 Pria di Afghanistan

Selasa, 24 Februari 2015 - 15:30 WIB
Cegat Bus, Kelompok Bersenjata Culik 30 Pria di Afghanistan
Cegat Bus, Kelompok Bersenjata Culik 30 Pria di Afghanistan
A A A
KABUL - Sekelompok orang bersenjata dan mengenakan topeng mencegat bus danmenculik 30 pria Muslim Syiah yang sedang bepergian di wilayah Afghanistan tengah. Penculikan itu terjadi semalam.

Puluhan pria yang diculik itu merupakan anggota kelompok etnis Syiah Hazara. Mereka sedang dalam perjalanan di sebuah wilayah antara Kota Herat barat dan Ibu Kota Kabul.

Sebelum insiden ini, kelompok itu kerap jadi sasaran kekerasan sektarian di Pakistan dan Afghanistan. ”Sopir kami melihat sekelompok pria bertopeng dan berseragam militer Afghanistan. Dia pikir mereka adalah prajurit militer, sehingga dia berhenti,” kata Nasir Ahmad, seorang pejabat perusahaan bus Ghazni Paima, kepada AFP, Selasa (24/2/2015).

”Orang-orang bersenjata menculik 30 pria Hazara dan dibawa pergi dengan mereka,” ujar Ahmad. Para pria bersenjata itu, lanjut Ahmad, hanya menculik para pria dan membiarkan para perempuan dan anak-anak pergi.

Hingga kini tidak ada pihak atau kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas penculikan itu. Ada kehawatiran, para penculik itu adalah militan lokal yang terkait Taliban. Jurubi cara Kementerian Dalam Negeri Afghanistan, Sediq Sediqqi, mengatakan bahwa polisi sedang melakukan segala cara untuk membebaskan para sandera.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3319 seconds (0.1#10.140)