Kadin Target Bangun 400 Unit Pengelolaan Ikan

Senin, 02 Februari 2015 - 14:53 WIB
Kadin Target Bangun 400 Unit Pengelolaan Ikan
Kadin Target Bangun 400 Unit Pengelolaan Ikan
A A A
JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menargetkan membangun 400 Unit Pengelolaan Ikan (UPI) di seluruh Indonesia hingga 2019, dengan total nilai investasi diperkirakan mencapai Rp60 triliun.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto mengatakan, dengan tambahan pembangunan 400 UPI tersebut, maka total UPI yang terbangun di seluruh Indonesia menjadi 1.000 unit pada empat tahun mendatang.

Adapun nilai investasinya sekitar Rp20 miliar-Rp30 miliar per unit untuk UPI skala kecil, atau hanya memiliki cold storage sederhana berikut lahan terbatas. Namun layak untuk menampung ikan hasil tangkapan nelayan yang akan diekspor.

Sementara nilai investasi untuk UPI skala besar hingga Rp500 miliar per unit, dengan tingkat kecanggihan dan teknologi sangat baik.

“Jika diasumsikan, dari 400 UPI yang akan dibangun, terdapat 100 UPI skala besar dan 300 UPI skala kecil, maka total investasinya mencapai hampir Rp60 triliun,” kata Yugi, Senin (2/2/2015).

Menurut dia, dengan terbangunnya tambahan UPI dan jika komunikasi dengan berbagai pihak terjalin baik, maka pengusaha lokal bisa menguasai pasar kelautan dan perikanan di Indonesia.

Di sisi lain, menurut Yugi, tantangan serius ke depan yang dihadapi pemerintah adalah masalah sumber daya manusia (SDM). Pasalnya, SDM berkualitas akan mendongkrak pencapaian target-target pemerintah khususnya Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Pemerintah juga harus memikirkan penerapan pola orangtua asuh antara pengusaha pemula dengan pengusaha besar, sehingga terjadi transfer pengetahuan dan peningkatan SDM berkualitas lebih optimal.

“Semua langkah optimalisasi harus dipikirkan dan diterapkan agar Indonesia bisa menikmati potensi kelautan dan perikanannya. Kan kita tidak bisa menjual poros maritim kepada dunia, tanpa solusi yang jelas,” tutur Yugi.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3503 seconds (0.1#10.140)