Begini Cara Harley Bodong Masuk Indonesia

Selasa, 27 Januari 2015 - 07:23 WIB
Begini Cara Harley Bodong Masuk Indonesia
Begini Cara Harley Bodong Masuk Indonesia
A A A
JAKARTA - Maraknya keberadaan Harley Davidson ilegal tak lepas dari cara pelaku memasukkan motor gede tersebut ke Indonesia.

Direktur Harley Owners Group (HOG) Jakarta Chapter, Sahat Manalu menegaskan motor Harley bodong biasanya dibeli tidak utuh dari negara asal atau dari negara lain.

"Ada dealer resmi Harley, kalau beli dari sini langsung diurus surat-suratnya. Masuknya motor bodong itu tidak beli di Mabua. Saya juga enggak tahu belinya dimana saya kurang tau pasti," tegas Sahat saat dihubungi Sindonews, Senin (26/1/2015).

Ia menegaskan motor bodong tersebut juga dipastikan bukan seperti motor resmi yang didatangkan secara built-up dari negara produsennya. "Jadi kalau saya beli di Mabua, dikirim dengan kontainer dari Amerika. Ya itu utuh motor dari sananya," tambah Sahat.

Ia menduga motor bodong tersebut dibeli dan dikirim dalam wujud belum dirakit. Artinya, pemilik Harley bodong membeli dan mengirim spare-part motor secara terpisah. "Nanti bagian-bagian motor tersebut dirakit disini," jelasnya.

Kalau begitu, lanjut dia, maka kemungkinan akan susah juga untuk mengurus suratnya. Karena bisa saja pembeli bekerja sama dengan penyelundup. "Tapi itu masih dugaan saya. Agak sensitif berbicara mengenai hal ini," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5515 seconds (0.1#10.140)