PKL & Parkir Liar Penyebab Macet di Jalan Jatinegara Timur

Sabtu, 27 Desember 2014 - 16:25 WIB
PKL & Parkir Liar Penyebab Macet di Jalan Jatinegara Timur
PKL & Parkir Liar Penyebab Macet di Jalan Jatinegara Timur
A A A
JAKARTA - Ratusan pedagang kaki lima (PKL) dan parkir liar di Jalan Jatinegara Timur, bikin arus lalu lintas di jalan itu macet. Hal itu terjadi mulai Jalan Matraman hingga pertigaan jalur Bekasi dan kampung Melayu.

Berdasarkan pantauan, Sabtu (27/12/2014), mereka menjajakan bermacam barang dagangannya. Seperti aksesoris motor, jas hujan, baju, sepatu, batu akik, makanan dan minuman hingga hewan.

Ada yang berjualan menggunakan gerobak dorong, ada yang berjualan menggunakan gerobak motor. Tak jarang yang menggunakan tenda kayu serta terpal sebagai atapnya.

Ratusan PKL Liar tersebut menggunakan setengah badan jalan untuk menjajakan dagangannya itu.

Lebih parahnya lagi, di kedua sisi jalan Jatinegara Timur, yang memiliki dua ruas jalan tersebut. Baik di sisi kanan maupun di sisi kirinya dipadati oleh Ratusan PKL liar.

Kemacetan pun terjadi lantaran puluhan kendaraan roda empat berjejer terparkir secara liar. Padahal, di pinggiran kedua sisi jalan tersebut terdapat rambu-rambu larangan memarkir dan berjualan.

Seperti di bawah Halte Busway Pasar Jatinegara, tampak puluhan mobil berjejer di sepanjang jalan itu. Pengguna jalan pun mengeluhkan akan kondisi arus lalu lintas yang tidak tertib tersebut.

"Emang enggak ada obatnya kemacetan di Jakarta ini. Biar ada Dishub juga sama saja. Buktinya ini jalanan tetap macet kena PKL dan parkir liar," kata Sigit, pengendara motor yang melintasi Jalan Jatinegara Timur, Jakarta Timur.

Dia juga menilai, Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkot Jakarta Timur tidak serius menertibkan PKL dan Parkir liar.

"Kaya enggak niat buat menertibkan jalanan. Petugas saja enggak tampak satu pun di sini (Jalan Jatinegara Timur)," ujarnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3727 seconds (0.1#10.140)