DKI Akan Bangun Flyover di Perlintasan Kereta Api

Sabtu, 27 Desember 2014 - 03:48 WIB
DKI Akan Bangun Flyover di Perlintasan Kereta Api
DKI Akan Bangun Flyover di Perlintasan Kereta Api
A A A
JAKARTA - Untuk meminimalisir kecelakaan, Pemprov DKI akan membangun flyover atau underpass disejumlah perlintasan kereta api.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, tahun depan 2015 mendatang pihaknya akan membangun under pass dan flyover di sejumlah perlintasan kereta api.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Kementrian Perhubungan. Januari akan dimulai dari titik-titik yang dinilai rawan," kata Djarot kepada wartawan di Jakarta, Jumat (26/12/2014).

Djarot menjelaskan, pembuatan flyover atau underpass di perlintasan kereta api menggunakan APBD DKI Jakarta 2015.

Menurut Djarot, kementrian Perhubungan hanya menerbitkan izin sekaligus mendata berapa titik lintasan yang memungkinkan dibangun under pass atau jalan layang tersebut.

Besaran biayanya pun, lanjut Djarot akan ditentukan ketika pendataan titik-titik perlintasan yang dianggap rawan selesai.

Sebab, tidak semua lintasan, di antara 481 titik yang ada di Jakarta dapat dibangun underpass ataupun flyover itu sendiri.

"Harus ada skala prioritas, mana yang lebih awal dikerjakan. Setelah titik-titik tersebut disepakati, kami akan tentukan anggarannya," ujarnya.

Berdasarkan pantauan, mayoritas perlintasan kereta api di Jakarta masih berada di perlintasan sebidang dengan jalan.

Seperti di pintu rel Kereta Api Bintaro, Permata Hijau, Jakarta Selatan; Rawa Buaya, Latumenten, Angke, Jakarta Barat dan sebagainya. Tak jarang perlintasan-perlintasan kereta api tersebut merenggut nyawa pengguna jalan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5205 seconds (0.1#10.140)