Djarot Diminta Tunjuk Komandan Banjir

Jum'at, 19 Desember 2014 - 21:21 WIB
Djarot Diminta Tunjuk Komandan Banjir
Djarot Diminta Tunjuk Komandan Banjir
A A A
JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat diminta untuk menunjuk siapa komandan dalam mengatasi banjir di DKI Jakarta. Hal itu dinilai penting untuk menentukan pengantisipasian bencana banjir di ibu kota.

"Jadi saya minta dalam hal ini Pak Wagub dapat memutuskan siapa incident commander untuk antisipasi banjir ini," kata Deputi Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Banjir (BNPB) Tri Budiarto di dalam rapat internal Balai Kota Jakarta, Jumat (19/12/2014).

Tri menuturkan, Pemprov DKI Jakarta harus mempunyai prakiraan yang jelas atau tanggal yang tepat untuk menentukan siaga darurat, tanggap darurat, dan transisi darurat atau pemulihan.

"Jadi kalau BMKG bilang ancaman banjir ada di minggu ketiga bulan Januari 2015. Maka Pemprov bisa menetapkan 20-30 Januari 2015 tanggap darurat banjir, mulai 1-20 Januari 2015 bisa dikatakan siaga darurat, dan untuk pemulihan pada tanggal 1-10 Februari 2015 sebagai transisi dari tanggap darurat," paparnya.

Pada titik siaga darurat, kata dia, tentu sudah ada persiapan yang matang, jika tanggal 20 Januari diketuk oleh Gubernur dengan penetapan tanggap darurat maka seluruh komponen SKPD dapat langsung bekerja begitupula dengan Kepolisian dan TNI.

"Jadi jika kami sudah tahu tanggalnya, maka kami bisa mainkan skenario sewaktu-waktu," tukasnya.

Mendengar pertanyaan Tri soal komandan banjir, Djarot langsung menjawab ada di tangan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. "Tentu ada di keputusan Pak Gubernur," tukasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3442 seconds (0.1#10.140)