Kemen PU-Pera Janjikan Keruk Sungai Cisadane

Senin, 15 Desember 2014 - 18:30 WIB
Kemen PU-Pera Janjikan Keruk Sungai Cisadane
Kemen PU-Pera Janjikan Keruk Sungai Cisadane
A A A
TANGERANG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat menjanjikan pengerukan Sungai Cisadane yang berada di wilayah Kota/Kabupaten Tangerang, tahun depan.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, tadi pagi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat melakukan pertemuan dengan kepala daerah se-Jabodetabek.

Dalam pertemuan itu pemerintah pusat menjanjikan membantu pembangunan di wilayah Jabodetabek salah satunya Kota/Kabupaten Tangerang.

"Untuk Tangerang, Pak Menteri menjanjikan pengerukan Sungai Cisadane tahun depan," kata Arief kepada wartawan usai pertemuan, Senin (15/12/2014).

Menurut Arief, pengerukan Sungai Cisadane membutuhkan biaya yang sangat besar. Pemkot Tangerang belum dapat mengalokasikan anggaran untuk pengerukan sungai lantaran struktur APBD masih difokuskan pada pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

"Pemerintah pusat akan mengeruk Sungai Cisadane dengan anggaran Rp100 miliar dari kebutuhan Rp1,9 triliun. Sisanya multiyears 3-4 tahun," ujarnya.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menambahkan, sejumlah sungai yang melintasi di wilayah Kabupaten Tangerang sudah harus dibenahi. "Sudah banyak sedimen-sedimen tanahnya," tambah Zaki.

Menurut Zaki, yang dibutuhkan sekarang di Kabupaten Tangerang memaksimalkan sungai seperti Sungai Cisadane, Kali Cimanceri dan Kali Cidurian dengan cara pengerukan atau pendalaman dasar sungai.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6535 seconds (0.1#10.140)