Uni Eropa Sepakat Hajar Iran dengan Sanksi karena Pasok Drone Kamikaze ke Rusia

Kamis, 20 Oktober 2022 - 19:57 WIB
loading...
Uni Eropa Sepakat Hajar Iran dengan Sanksi karena Pasok Drone Kamikaze ke Rusia
Negara-negara Uni Eropa sepakat akan menjatuhkan sanksi baru terhadap Iran atas tuduhan memasok drone kamikaze ke Rusia untuk menyerang Ukraina. Foto/REUTERS/Roman Petushkov
A A A
BRUSSELS - Negara-negara Uni Eropa telah sepakat menjatuhkan sanksi baru terhadap Iran karena memasok drone kamikaze ke Rusia. Senjata itulah yang disebut-sebut menyerang infrastruktur energi Ukraina.

Ceko, yang menjabat Kepresidenan Uni Eropa, pada Kamis (20/10/2022) mengumumkan kesepakatan blok tersebut terkait tindakan yang akan diambil terhadap Teheran

“Duta Besar Uni Eropa menyetujui tindakan terhadap entitas yang memasok drone Iran yang menghantam Ukraina,” kata Kepresidenan Uni Eropa sebuah tweet.

“Negara-negara Uni Eropa memutuskan untuk membekukan aset tiga individu dan satu entitas yang bertanggung jawab atas pengiriman drone (dan) juga siap untuk memperpanjang sanksi ke empat entitas Iran lagi yang telah ditampilkan dalam daftar sanksi sebelumnya," lanjut pengumuman tersebut.



Pada hari yang sama, Inggris juga mengumumkan tindakan serupa terhadap Iran.

Kantor Luar Negeri Inggris mengatakan Menteri Luar Negeri James Cleverly akan membuat pengumuman tentang mengambil tindakan mengenai drone Iran.

Rusia telah meluncurkan serangan lusinan pesawat tak berawak kamikaze di Ukraina untuk menghantam infrastruktur energi dan menewaskan lima orang di Ibu Kota Ukraina, Kiev.

Ukraina mengatakan senjata yang menyerang tersebut adalah drone serang Shahed-136 buatan Iran.

Teheran membantah memasok drone ke Moskow. Kremlin pada Selasa juga membantah pasukannya menggunakan drone Iran untuk menyerang Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0911 seconds (0.1#10.140)