Rayakan 1 Muharram, Warga Cipinang Gelar Pawai Obor

Jum'at, 24 Oktober 2014 - 21:26 WIB
Rayakan 1 Muharram, Warga Cipinang Gelar Pawai Obor
Rayakan 1 Muharram, Warga Cipinang Gelar Pawai Obor
A A A
JAKARTA - Dalam rangka tahun baru Islam 1436 hijriah, sejumlah warga DKI merayakan dengan berbagai macam cara. Ada yang menggelar tabligh akbar, ada yang bersalawat di masjid dan ada juga yang konvoi dengan membawa obor.

Seperti yang dilakukan warga RW04 Keluraha Cipinang Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur merayakannya dengan pawai obor.

"Pawai obor ini sebagai syiar Islam dalam rangka tahun baru 1436 Hijriah," kata Irwan Kurniadi, Ketua RW04 sekaligus koordinator panitia acara kepada wartawan, Jumat (24/10/2014) malam.

Dia menambahkan, syiar Islam di sini agar anak-anak tahu bagaimana sejarah Islam, dan eksistensi Islam sampai sekarang masih ada dan terus berkembang.

"Ada sekitar 200-an orang yang ikut pawai obor untuk meramaikan tahun baru Islam ini. Supaya anak-anak tidak hanya tahu tahun baru Masehi saja," tambahnya.

Rute pawai ini dimulai dari Jalan Inspeksi Kalimalang sebelah Universitas Borubudur, melewati perempatan Pangkalan Jati kemudian kembali lagi ke depan Universitas Borobudur. Selain membawa obor, rombongan ini membawa ondel-ondel dan melantunkan salawat-salawat diiringi tabuhan marawis dan kembang api.

Acara ini juga dihadiri ulama dan habib di sekitar lokasi. Pihak panitia berjanji akan membuat acara ini sebagai acara rutin tahunan dan lebih meriah lagi.

"Insya Allah tahun depan acara ini akan kita siapkan tiga bulan sebelum hari H. Kita juga akan mengadakan santunan anak yatim. Karena tahun baru Islam sama dengan lebarannya anak yatim," ujarnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5910 seconds (0.1#10.140)