Atasi Kemacetan Pemda Diminta Bersinergi

Kamis, 23 Oktober 2014 - 07:07 WIB
Atasi Kemacetan Pemda Diminta Bersinergi
Atasi Kemacetan Pemda Diminta Bersinergi
A A A
DEPOK - Mengatasi kemacetan di Jakarta tidak bisa hanya dilakukan sendiri, harus ada sinergi dari wilayah penyanggah ibu kota. Seperti Bogor, Bekasi, Tangerang dan Depok.

Pakar manajemen inovasi dari Universitas Indonesia (UI) Mohammed Ali Berawi mengatakan, pemerintah dari tiap daerah harus membangun sarana transportasi yang baik dan terintegrasi bagi penggunanya.

Sehingga niat pemerintah untuk mengalihkan penggunaan kendaraan pribadi ke angkutan massal untuk mengurangi kemacetan bisa terwujud.

"Harus ada terobosan yang inovatif misalnya ya dengan memperkecil jalan dan melebarkan pedestrian. Kemudian, integrasi akses menuju sarana transportasi umum," kata Ale, sapaan akrabnya di Depok, Rabu 22 Oktober 2014.

Masyarakat dari daerah penyangga yang menuju Jakarta bisa memarkir kendaraan di tempat yang disediakan pemerintah daerah. Kemudian mereka beralih menggunakan transportasi massal menuju lokasi kerja.

"Namun pemerintah harus memberikan sarana yang baik. Jangan memaksa orang untuk beralih tapi tidak diberikan alternatif yang menjadikan masyarakat tertarik untuk beralih (ke moda transportasi massal)," ujarnya.

Jika akses menuju transportasi massal sudah terintegrasi serta sarananya disiapkan dengan baik, maka secara perlahan masyarakat bisa beralih dengan sendirinya.

"Kuncinya adalah pembangunan transportasi publik yang baik dan terintegrasi. Misalnya, antara transportasi bus dan kereta harus terintegrasi. Sehingga masyarakat yang ingin menggunakan transportasi umum tidaklah kesulitan," pungkasnya.

Seperti diketahui, kemacetan di DKI Jakarta saat ini mencapai 10-20 Km per jam V/C ratio 0,85. Sehingga menjadikan Jakarta sebagai kota termacet se-Indonesia.

Selain Jakarta, daerah penyangga seperti Bogor, Tangerang, Bekasi dan Depok juga menjadi kota dengan tingkat kemacetan tinggi.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5309 seconds (0.1#10.140)