Bekasi Akan Bangun 3 Waduk Baru Lagi

Senin, 20 Oktober 2014 - 01:39 WIB
Bekasi Akan Bangun 3 Waduk Baru Lagi
Bekasi Akan Bangun 3 Waduk Baru Lagi
A A A
JAKARTA - Selain membangun Waduk Pengasinan, Pemkot Bekasi ternyata akan membangun beberapa waduk lainnya untuk meminimalisir banjir.

Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Air (Disbimarta) Kota Bekasi, Tri Adhianto mengatakan pembuatan waduk diyakini mampu mengatasi banjir di kawasan Pengasinan, serta di pemukiman yang di lintasi saluran air mulai Pengasinan hingga hilirnya di Kali Canal Bekasi Laut, Kabupaten Bekasi.

Menurutnya, dengan adanya folder air tersebut, air yang berada di hulu dapat ditampung terlebih dahulu. Karena, saluran atau kali yang ada tidak mampu menampung seluruh air yang ada. Sehingga limpasan air di kali tersebut kerap meluap ke pemukiman warga. ”Vitalnya di Pengasinan,” tambahnya.

Tri mengaku, pada tahap pertama, mungkin pengaruh dari folder air itu sedikit. Namun, setelah disempurnakan pada tahun depan itulah, daerah langganan banjir, diyakini sudah tidak kebanjiran lagi.

”Kami lakukan normalisasi diwilayah itu dengan menambah kedalaman dari dua menjadi tiga meter,” katanya ketika dihubungi, Minggu (19/10/2014).

Tri mengatakan, pembangunan folder air di Pengasinan itu dari tiga pembuatan folder air lainya di wilayah Bekasi untuk meminimalisasi banjir di 12 Kecamatan se-Kota Bekasi.

”Dari empat baru satu yang siap digunakan, yakni di Perumahan Galaxi, Bekasi Selatan,” ungkapnya.

Selain di Pengasinan, kata dia, folder air yang bakal dibangun folder air diwilayah Kelurahan Aren Jaya, Karang Kitri, Kecamatan Bekasi Timur dan pembuatan folder air di Kalimati di Jalan Kartini.

”Bila empat folder ini terealisasi, maka besaran banjir di Bekasi bisa menurun,” tandasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5979 seconds (0.1#10.140)