Profil H. Darsono, Pendiri Universitas Pamulang yang Bebankan SPP Hanya Rp200 ribu Per Bulan

Selasa, 11 Oktober 2022 - 17:50 WIB
loading...
Profil H. Darsono, Pendiri Universitas Pamulang yang Bebankan SPP Hanya Rp200 ribu Per Bulan
Universitas Pamulang atau Unpam merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berada di Provinsi Banten. Foto DOK wikipedia
A A A
JAKARTA - Universitas Pamulang atau Unpam merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berada di Provinsi Banten . Dalam riwayatnya, pendirian Unpam ini tidak bisa dilepaskan dari sosok bernama Darsono.

Dikutip dari pemberitaan MPI, pria asal Yogyakarta ini pernah memiliki impian untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi yang murah dan terjangkau bagi semua elemen masyarakat.

Baca juga : Kampus Murah Dipersoalkan, Mahasiswa Unpam Kirim Pesan ke Wali Kota Serang

Singkat cerita, cita-cita tersebut ternyata tak lepas dari pengalaman yang pernah dirasakannya. Darsono pernah merasakan kesulitan ekonomi yang sempat membuatnya dilarang sekolah oleh ayahnya.

Akan tetapi, dia memiliki tujuan untuk menjadi orang terpelajar. Pada akhirnya, Darsono memutuskan untuk merantau ke Jakarta. Saat itu, dengan segala keterbatasannya, dia menekuni berbagai pekerjaan guna menyambung hidup.

Dari menjadi buruh pembuat batu bata, Office Boy (OB), berjualan barang elektronik, dan lainnya. Semua ini dilakukannya demi mewujudkan impiannya.

Sekitar tahun 2000, Darsono yang berstatus sebagai alumni Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) terpikirkan untuk membuat sebuah perguruan tinggi yang murah.

Saat itu, dia melihat cukup banyak lulusan SMA yang gagal melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya karena masalah biaya.

Lebih lanjut, Darsono merasa dendam terhadap kesulitan biaya sekolah, sehingga sangat termotivasi untuk bisa membantu orang lain meraih pendidikan yang tinggi.

Pada akhirnya, dia menyampaikan ide tersebut kepada salah satu rekannya yang bernama Dayat Hidayat. Alhasil, mereka sepakat mendirikan Universitas Pamulang pada tahun 2000 silam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)