3 Pelajar Gorok Teman, Ini Kata Kriminolog

Kamis, 09 Oktober 2014 - 06:15 WIB
3 Pelajar Gorok Teman, Ini Kata Kriminolog
3 Pelajar Gorok Teman, Ini Kata Kriminolog
A A A
DEPOK - Aksi sadis tiga pelajar yang menggorok temannya karena ingin memiliki sepeda motor akibat dari pengaruh film dan lingkungan sosial.

Kriminolog dari Universitas Indonesia (UI) Bambang Widodo Umar menilai kekerasan yang dilakukan tiga pelajar di Jakarta Timur sebagai efek dari pengaruh tayangan film yang mereka konsumsi.

Faktor lainnya, karena pengaruh lingkungan sosial. Saat ini, pendidikan di sekolah ataupun di rumah kalah dengan pengaruh lingkungan sosial.

Sehingga perlu dilakukan pembinaan secara terarah untuk generasi muda.

"Basic keluarga juga perlu diperbaiki walaupun tidak mudah. Kemudian peranan RT, RW juga harus ditingkatkan," kata Bambang kepada Sindonews saat dihubungi Rabu 8 Oktober kemarin.

Menurut Bambang, perilaku disorientasi yang dilakukan pelajar disebabkan tidak adanya media bagi mereka untuk berekspresi.

Sehingga remaja meluapkan ekspresi mereka dengan cara mereka sendiri padahal cara tersebut melanggar aturan.

"Mereka kehilangan arah. Seharusnya ada media untuk mereka berekspresi. Umur remaja seperti mereka penuh dengan angan-angan dan kreasi yang seharusnya disalurkan sesuai hobi," saran Bambang.

Dia menambahkan, sudah saatnya pendidikan di sekolah memberikan pelajaran yang bersifat pemberian pemahaman akan nilai kebersamaan pada siswa.

Siswa diberikan pemahaman bahwa masyarakat Indonesia pada dasarnya adalah masyarakat fungsional. "Kita masyarakat yang mendambakan keharmonisan," pungkasnya.

Seperti diberitakan, tiga pelajar yakni, I (16) dan FY (14) pelajar SMP serta RS pelajar SMK, nekat menggorok leher temannya hingga kritis karena ingin menguasai motor korban.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5516 seconds (0.1#10.140)