Perusahaan Korea Selatan Restorasi Air Sungai Ciliwung

Rabu, 24 September 2014 - 00:32 WIB
Perusahaan Korea Selatan Restorasi Air Sungai Ciliwung
Perusahaan Korea Selatan Restorasi Air Sungai Ciliwung
A A A
JAKARTA - Perusahaan Korea Selatan memeriksa pengelolaan air Sungai Ciliwung di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Pengecekan itu merupakan bagian dari kerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum untuk menjadikan air Sungai Ciliwung bersih.

"Proses restorasi yang bekerja sama dengan Korea hanya yang di Masjid Istiqlal saja," kata Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (23/9/2014).

Hermanto mengatakan, restorasi di Istiqlal adalah salah satu program pemerintah untuk pengerjaan bantaran Sungai Ciliwung Lama. Restorasi yang dilakukan di Masjid Istiqlal akan dijadikan sebagai percontohan untuk mengembalikan fungsi ekologi sungai dan peningkatan kualitas airnya.

"Proyek reservoir ini nantinya akan membangun pintu flip flap di pintu air capitol, Istiqlal, gedung pengolahan air kotor, taman hijau, pusat pendidikan lingkungan dan juga tiga buah air mancur di tengah sungai" ujarnya.

Hermanto mengungkapkan, pembangunan air mancur di tengah sungai ini bertujuan untuk menambah oksigen di dalam air yang sekaligus membuat suasana sekitar menjadi lebih nyaman.

Hermanto menambahkan, air yang masuk ke dalam kawasan ini akan lebih terukur debitnya. Air yang masuk ke pintu capitol ini akan disaring, dibersihkan dari sampah dan dikelola airnya agar lebih berkualitas dan jernih.

"Saat ini, pengelolaan air sungai ini mulai dibersihkan dengan menggunakan eskavator. Aliran sungai sedang dikeruk sampah-sampahnya yang masih ada. Jadi, pada intinya adalah restorasi ini dilakukan untuk menciptakan impian agar Ciliwung menjadi bersih," tutupnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5780 seconds (0.1#10.140)