Dishub DKI Tak Kompeten Kelola Terminal

Rabu, 24 September 2014 - 06:05 WIB
Dishub DKI Tak Kompeten Kelola Terminal
Dishub DKI Tak Kompeten Kelola Terminal
A A A
JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta tidak berkompeten mengelola terminal. Ketidakmampuan ini diakui oleh Kepala Dishub DKI Jakarta M Akbar.

Menurut Akbar, tidak optimalnya fungsi fasilitas pendukung di terminal, karena aparat Dishub tidak memiliki kompetensi di bidang pengelolaan properti dan gedung terminal.

Petugas hanya mampu mengelola arus lalu lintas angkutan umum yang masuk dan keluar di terminal. Menjaga waktu tunggu kendaraan umum untuk mendapatkan penumpang.

"Dishub DKI hanya memiliki kompetensi pengelolaan arus lalu lintas angkutan umum," ujar M Akbar di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa 23 September kemarin.

Dia berpendapat keberadaan fasilitas pendukung lainnya dapat diserahkan ke pihak ketiga.

Langkah ini agar terminal ini lebih terkesan rapi dan indah. Tidak sekadar dijadikan sebagai tempat turun naik penumpang, melainkan sebagai pusat belanja atau mal.

Mencapai semua itu harus diserahkan kepada pengusaha atau pihak ketiga yang bisa menata bangunan terminal menjadi lebih memiliki nilai jual.

"Rencana ini sedang kami kaji untuk menyerahkan terminal ke kalangan profesional," sebut mantan Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta tersebut.

Sebelum itu, terminal yang ada perlu direvitalisasi untuk lebih memberikan rasa nyaman kepada masyarakat.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6130 seconds (0.1#10.140)