Bangun Jembatan Cipamingkis 2, Bekasi Gelontorkan Rp 4,8 M

Kamis, 18 September 2014 - 10:10 WIB
Bangun Jembatan Cipamingkis 2, Bekasi Gelontorkan Rp 4,8 M
Bangun Jembatan Cipamingkis 2, Bekasi Gelontorkan Rp 4,8 M
A A A
BEKASI - Pemkab Bekasi menggelontorkan Rp 4,8 miliar untuk membangun jembatan alternatif Cipamingkis 2 di Kampung Tempuran.

Jembatan tersebut menjadi penghubung antara Kabupaten Bekasi dengan Kabupaten Bogor.

Kabid Bina Marga, Dinas Bina Marga dan Pengelolaan Sumber Daya Air (DBMPSDA) Kabupaten Bekasi, Ted Heraldi mengatakan pembangunan jembatan Cipamingkis 2 sudah berjalan sejak dua bulan lalu.

”Saat ini progres pembangunanya mencapai 30 persen,” katanya kepada wartawan, Kamis (18/9/2014)

Selain membangun jembatan Cipamingkis 2, kata dia, pihaknya juga melakukan penambahan pengamanan di jembatan Cipamingkis 1 yang berada di Kampung Loji.

Menurut Ted, jembatan Cipamingkis 2 dibangun dengan lebar sembilan meter dan panjang sebanyak 41 meter. Namun pembangunanya dianggarkan untuk gelagar tiang pondasi untuk pelindung ketika adanya abrasi banjir di musim penghujan.

”Kami hanya membangun gelagar dipenahanya saja, karena jembatan itu masih kokoh yang dibangun oleh pusat,” ujarnya.

Nantinya, kata dia, jembatan itu adalah akses satu-satunya jalan alternatif paling dekat yang bisa digunakan masyarakat sekitar dan penguna jalan lainnya untuk menuju Kabupaten Bogor atau sebaliknya.

Ted menjelaskan, anggaran Rp 4,8 miliar tersebut disatukan dengan pembangunan Jalan di Kampung Tempuran sepanjang 700 meter dengan lebar tiga meter.

Apalagi, kata dia, jembatan tersebut merupakan jembatan alternatif yang menghubungkan tiga Desa dibagian timur Kecamatan Cibarusah yakni Desa Sirnajati, Ridogalih dan Ridomanah.

”Jembatan ini untuk mengantisipasi tebing-tebingnya jembatan pertama tergerus kali Cipamingkis,” jelasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7522 seconds (0.1#10.140)