11 Kecamatan di Bogor Endemis Antraks

Sabtu, 13 September 2014 - 00:40 WIB
11 Kecamatan di Bogor Endemis Antraks
11 Kecamatan di Bogor Endemis Antraks
A A A
BOGOR - Mendekati Hari Raya Idul Adha, petugas Disnakkan Kabupaten Bogor menggelar sidak ke sejumlah peternakan sapi. Sidak digelar untuk memastikan hewan kurban di Kabupaten Bogor.

Kabid Pemeriksaaan dan Pengawasan Hewan Ternak Disnakkan Kabupaten Bogor, Drh Tuti Suprihatin mengatakan, banyak daerah di Kabupaten Bogor yang termasuk wilayah endemis virus antraks.

"Ada 11 kecamatan yang termasuk ke dalam wilayah endemis virus antraks. Untuk itu kami memastikan kesehatan dari hewan kurban yang berada di wilayah tersebut," katanya saat sidak di Bogor, Jumat (12/9/2014).

Lebih jauh Tuti menjelaskan, 11 kecamatan yang termasuk wilayah endemis antraks di antaranya Babakan Madang, Citereup, Jayanti, Bojonggede, Gunung Putri, Tajur Halang, Jonggol, Cariu, Ciampea dan Klapanunggal.

Dalam sidak, ia bersama petugas lainnya memeriksa kondisi kesehatan hewan ternak sapi. Petugas memeriksa mata, gigi serta saluran pembuangan pada sapi.

"Dari sidak ini belum ditemukan adanya sapi yang berpenyakit. Kita berharap sapi yang akan dijadikan untuk hewan kurban aman dari penyakit dan bebas dari virus antraks," ungkapnya.

Seperti diketahui, pada tahun 2004 lalu sedikitnya ratusan hewan ternak mati akibat terjangkit virus antraks di sebagian besar wilayah Kabupaten Bogor. Akibatnya, pemerintah Kabupaten Bogor sempat menutup beberapa peternakan yang ada di wilayah endemis antraks.

Namun, dengan adanya pengawasan rutin kepada sejumlah peternakan, wabah antraks mulai berkurang dan diperkirakan pasokan hewan ternak untuk kurban aman.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4135 seconds (0.1#10.140)