Berobat, Orang Miskin di Depok Antre Sejak Dini Hari

Kamis, 11 September 2014 - 13:52 WIB
Berobat, Orang Miskin di Depok Antre Sejak Dini Hari
Berobat, Orang Miskin di Depok Antre Sejak Dini Hari
A A A
DEPOK - Warga tak mampu di Depok yang ingin berobat ke rumah sakit harus antre sejak dinihari agar mendapatkan nomor antrean.

Namun tak sedikit warga yang kehilangan akal dan memanfaatkan botol bekas air mineral untuk menggantikan mereka antre di loket.

Antrean pasien warga tak mampu sudah terlihat sejak pukul 01.00 WIB, Kamis (11/9/2014) dini hari. Padahal loket pendaftaran baru dibuka pada pukul 07.00 WIB.

Warga rela datang sejak dini hari, karena jika tidak jatah berobat di RSUD Depok akan habis untuk hari itu.

Kondisi ini, biasanya terjadi untuk pasien Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda), dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Bagi warga yang sudah mendapatkan nomor, posisinya ditandai botol minuman agar tidak diserobot warga lainnya. Kemudian mereka bisa sambil santai menunggu loket buka.

"Biar enggak diserobot ditandain pakai botol, jadi saya bisa duduk di santai (sambil menunggu loket buka)," kata Yadi (45), pasien poli mata, Kamis (11/9/2014).

Yadi mengakui, dirinya antre sejak pukul 01.45 WIB, dan berangkat dari rumahnya pukul 01.00 WIB dini hari. Hal itu dilakukan agar dapat nomor, karena sebelumnya dia tidak dapat nomor hingga gagal berobat.

"Saya sendiri sudah dua kali dengan ini (berobat), selalu datang jam segini," ceritanya.

Warga Depok lainnya, Nini mengakui, jika mau dapat nomor, pasien harus rela mengatre sejak dini hari. Karena, kalau tidak mereka tidak bisa bisa berobat.

"Setiap hari memang kayak begini, kalau telat tak dapat nomor," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5383 seconds (0.1#10.140)