Atasi Tawuran, Disdik Diminta Petakan Sekolah

Kamis, 21 Agustus 2014 - 02:18 WIB
Atasi Tawuran, Disdik Diminta Petakan Sekolah
Atasi Tawuran, Disdik Diminta Petakan Sekolah
A A A
JAKARTA - Pengamat pendidikan, Arief Rahman menilai, untuk mengatasi tawuran pelajar yang kian meresahkan, Dinas Pendidikan DKI Jakarta diminta untuk memetakan sekolah mana yang kerap terlibat tawuran.

Selanjutnya, siswa di sekolah tersebut diberi edukasi dan kegiatan ekstrakulikuler agar energi siswa bisa disalurkan secara positif.

"Harus cari tahu terlebih dahulu sekolah mana yang terlibat tawuran itu. Pemerintah harus memetakannya dan harus mempelajarinya. Karena, tidak semua sekolah itu terlibat tawuran," katanya ketika dihubungi Sindonews, Rabu (20/8/2014).

Setiap siswa juga haruslah diberikan edukasi tentang bahayanya tawuran. Jika siswa yang satu memiliki perbedaan pendapat dengan siswa yang lain, haruslah dimusyawarahkan dengan baik.

"Kalau ada perselisihan antarpelajar yah diselesaikan secara terpelajar," tegasnya.

Kerjasama dengan orang tua, guru, polisi dan pihak keamanan sekolah juga menjadi faktor penting dalam efektifitas penanganan masalah tawuran.

"Karena, dari banyaknya siswa, hanya satu atau dua orang saja yang nakal. Siswa nakal itu sendiri harus dapat dikendalikan," terangnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4119 seconds (0.1#10.140)