Gawat, 40 Persen Guru di Bekasi Gaptek

Rabu, 20 Agustus 2014 - 01:22 WIB
Gawat, 40 Persen Guru di Bekasi Gaptek
Gawat, 40 Persen Guru di Bekasi Gaptek
A A A
BEKASI - Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Bekasi mencatat sekitar 40 persen guru di sekolah negeri tak memahami dan menguasai kemampuan teknologi informasi guna mendukung penerapan kurikulum pendidikan tahun ajaran 2013.

Wakil Ketua PGRI Kota Bekasi, Dudung Abdul Qodir menyebutkan jumlah guru PNS di wilayahnya mencapai 4.500. Dari jumlah itu, sekitar 3.000-an guru yang mengajar di sekolah dasar negeri, rata-rata tak paham teknologi.

"Kebanyakan gurus sekolah dasar," katanya kepada wartawan, Selasa 19 Agustus 2014.

Berdasarkan data, satu sekolah dasar ada 3-4 guru tidak paham teknologi informasi. Menurutnya, dalam satu sekolah dasar terdapat sekitar 7-8 guru PNS. Sedangkan guru bantu hanya 2-3 orang.

Untuk itu, kata dia, pihaknya memberdayakan guru bantu agar membantu memberikan ilmu tentang TI. Kebanyakan guru yang tak paham usianya rata-rata 40 tahun ke atas.

”Mereka fokus mengajar, dan penilaianya secara manual,” ujarnya.

Padahal, lanjut dia, dalam kurikulum 2013 yang diterapkan, semuanya dilakukan secara online. Sehingga, Dudung mendesak dinas pendidikan supaya memberikan pelatihan kepada guru yang tak paham TI tersebut.

”Sekarang wajib memiliki karena seluruh data harus di-input untuk penilaian kepada siswa,” jelasnya.

Karena, kemampuan teknologi informasi wajib dimiliki oleh semua guru di Bekasi agar tak ketinggalan dan mengetahui semua informasi terkini.

Kabid Bina Program Disdik Kota Bekasi, Agus Enaf mengatakan pihaknya meminta di setiap sekolah dasar untuk memberikan pembelajaran kepada setiap guru.

”Ini tuntutan, semua guru wajib bisa, jangan gaptek,” katanya.

Agus menegaskan, Dinas Pendidikan mewajibkan setiap guru mempunyai perangkat komputer berikut jaringan Internet-nya.

”Karena sudah menjadi kebutuhan. Kami juga akan mengadakan komputer di setiap sekolah,” tegasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7445 seconds (0.1#10.140)