Gawat, 46 % Remaja Sudah Pernah Berhubungan Seksual

Minggu, 10 Agustus 2014 - 03:44 WIB
Gawat, 46 % Remaja Sudah Pernah Berhubungan Seksual
Gawat, 46 % Remaja Sudah Pernah Berhubungan Seksual
A A A
JAKARTA - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyebutkan, 46 persen remaja di Indonesia sudah pernah melakukan hubungan seksual pra nikah. Apalagi di era modernisasi ini remaja sangat rentan dengan berbagai godaan.

Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN, Julianto Witjaksono mengungkapkan sebuah fakta bahwa sekitar 46 persen remaja berusia 15-19 tahun belum menikah sudah berhubungan seksual.

"Paling tidak, beri pandangan bahwa ini bahaya dan mengancam generasi muda," terangnya di dalam Seminar Kesehatan Reproduksi Remaja “Strategi Kesehatan Reproduksi Remaja dalam Upaya Meningkatkan Kesehatan Ibu di Indonesia” di Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok, Sabtu (9/8/2014) sore.

Masalah penyimpangan remaja ini, lanjutnya, semestinya bisa dikendalikan. Karena biar bagaimanapun, penyimpangan seksual akan bisa berdampak pada kesehatan remaja.

Julianto menegaskan bahwa pendewasaan usia perkawinan penting dilakukan. Jika sudah menikah, kata dia, menunda kehamilan sampai usia 20 tahun keatas tentu sangat baik.

"Remaja saat ini rentan terhadap godaan - godaan, banyak terjadi abortus, penyakit seksual, hati - hati cari pacar," katanya.

BKKBN terus menyosialisasikan masalah kesehatan dan pendidikan reproduksi dengan sasaran sekolah, universitas, pramuka, pusat kesehatan reproduksi seperti di Jayapura.

"Itu semacam UKS, tempatnya dilengkapi petugas medis yang ramah, akses mudah, diminati remaja kita. Banyaknya masyarakat yang datang menunjukan bagaimana rakyat
butuh konseling," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5441 seconds (0.1#10.140)