Mengenal Tingkatan Komando di TNI dari Koramil hingga Kodam

Rabu, 14 September 2022 - 18:32 WIB
loading...
Mengenal Tingkatan Komando di TNI dari Koramil hingga Kodam
TNI AD merupakan salah satu cabang angkatan perang yang bertanggung jawab terhadap pertahanan Indonesia. Foto DOK Dispenadto DOK Dis
A A A
JAKARTA - TNI AD merupakan salah satu cabang angkatan perang yang bertanggung jawab terhadap pertahanan Indonesia dan memiliki nama satuan yang berada di setiap daerah.

Dilansir dari tni.mil.id, dalam struktur organisasinya TNI AD memiliki sebanyak 15 Kodam yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Kodam ini juga membawahi beberapa satuan lainnya.

Baca juga : Intip Gaji TNI AD dan Tunjangannya

Nama dari beberapa satuan seperti Kodam, Kodim, Koramil dan Korem mungkin memang tidak asing, namun beberapa orang juga belum mengetahui sebenarnya apa tugas dari tiap satuan tersebut.

Berikut ini penjelasan beberapa Komando TNI AD :

1. Koramil (Komando Rayon Militer)

Komando ini berada di tingkat kecamatan yang nantinya langsung berhadapan dengan warga sipil. Satuan teritorial ini dipimpin oleh seorang Komandan Rayon Militer atau biasa dikenal dengan Danramil berpangkat Mayor dan Kapten.

Tugas dari satuan ini kurang lebih sama seperti satuan lain yakni mengadakan pembinaan kemampuan dan kekuatan demi menyiapkan wilayah pertahanan di darat dan juga menjaga keamanan wilayahnya.

2. Kodim (Komando Distrik Militer)

Komando ini beroperasi di wilayah Daerah tingkat II, baik itu Kabupaten atau Kota. Kodim dalam struktur organisasinya juga membawahi beberapa Koramil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0895 seconds (0.1#10.140)