Lima Situ di Depok Dalam Kondisi Kritis

Minggu, 22 Juni 2014 - 22:47 WIB
Lima Situ di Depok Dalam Kondisi Kritis
Lima Situ di Depok Dalam Kondisi Kritis
A A A
DEPOK - Situ sejatinya berfungsi sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau daerah resapan air. Namun situ hanya diperhatikan oleh pemerintah jika musim hujan atau banjir mulai melanda ibu kota.

Wakil Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad mengungkapkan, jika saat ini terdapat lima situ di wilayah Kota Depok dengan status memprihatinkan. Ke lima situ tersebut di antaranya Situ Pladen, Pengarengan, Rawa Besar, Gadok dan Situ Pedongkelan.

"Untuk itu, kami telah menyurati kementerian untuk meminta rekomendasi pengelolaan terhadap 26 situ di Kota Depok. Rekomendasi ini nantinya bisa diserahkan kepada pemerintah daerah atau kementerian menganggarkan secara khusus pengelolaan terhadap 26 situ tersebut," ujar Idris kepada wartawan di Depok, Minggu (22/6/2014).

Idris menambahkan, pihaknya akan meminta kejelasan dari pihak Kementerian Lingkungan Hidup untuk memberikan otoritas agar keberadaan situ di wilayah Depok dapat terjaga dan terpelihara.

"Kalaupun otoritas itu tidak dikeluarkan, akan tetapi mereka agar melakukan pemberdayaan terhadap situ-situ yang ada di Kota Depok, dengan harapan situ yang ada ini dapat terpelihara," paparnya.

Lebih lanjut, ia meminta kepada seluruh dinas terkait agar terus menjaga keberadaan situ yang ada di Kota Depok. Namun begitu, Idris juga mengungkapkan jika saat ini ada beberapa situ yang kondisinya sudah tertata rapih.

"Ada juga situ yang saat ini dalam kategori bagus seperti Situ Pengasinan, Cilodong, Sawangan dan Bojongsari. Kondisi itu tetap harus dijaga karena biaya yang dikeluarkan untuk revitalisasi situ tidak sedikit, " ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok, Kania Purwati mengatakan, keberadaan situ harus dijaga baik itu sempadannya maupun kelestariannya.

"Kami BLH mendukung upaya itu, terutama untuk kualitas air dan sempadan serta penghijauannya, " tandasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5258 seconds (0.1#10.140)