600 Petugas Diterjunkan untuk Jaga Kebersihan Jakarta

Minggu, 22 Juni 2014 - 11:25 WIB
600 Petugas Diterjunkan untuk Jaga Kebersihan Jakarta
600 Petugas Diterjunkan untuk Jaga Kebersihan Jakarta
A A A
JAKARTA - Puncak perayaan HUT DKI Jakarta ke 487 yang digelar selama dua hari Sabtu 21 hingga Minggu 22 Juni 2014. Bahkan berbagai hiburan rakyat digelar. Bagaimana dengan permasalahan sampah yang akan mengancam kebersihan Ibu Kota Jakarta setelah acara itu digelar?

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Saptastri Ediningtyas mengatakan, pihaknya menerjunkan 600 petugas kebersihan sepanjang jalur Jakarta Night Festival (JNF) dan Jakarnaval untuk memeriahkan HUT DKI ke 487. ratusan personel itu untuk membersihkan sampah di sekitar Jalan MH Thamrin hingga Bundaran HI.

"Jumlah petugas kebersihan total untuk rangkaian HUT DKI dari JNF 2014 sampai Jakarnaval nanti sore kita siapkan personel 600," kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Saptastri Ediningtyas di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (22/6/2014).

Saptastri menjelaskan, petugas penyapuan jalan atau biasanya disebut pesada sebanyak 500 orang, regu comot 70 orang, pengawas 20 orang dan koordinator lapangan 10 orang. Untuk sarana, kata dia, pihaknya menerjunkan 60 unit gerobak motor, 20 unit truk sampah, 12 unit pikap lintas, empat unit street sweeper (mobil sapu jalan ototomatis), 11 toilet mobile, 10 unit truk tangki air bersih dan dua unit truk tangki air kotor.

"Memang agak beda tahun ini ultah Jakarta karena kan panjang rutenya. Malam kemarin JNF, selesai langsung kita bersihkan karena Minggu pagi ini ada HBKB (Hari Bebas Kendaraan Bermotor) harus bersih, nanti selesai HBKB kita harus bersihkan lagi untuk Jakarnaval begitupula selesai Jakarnaval," tukasnya.

Meski sudah dijaga 600 personel kebersihan dan sarana kebersihan, Saptasri mengimbau, warga DKI yang akan menonton Jakarnaval agar tidak membuang sampah sembarangan.

"Ya warganya kalau mau makan lemper, sampahnya disimpan dahulu di tas jangan dibuang sembarangan, karena kebersihan itu enggak cuma tanggung jawab Kadis, tapi tanggung jawab kita semua," ujarnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5498 seconds (0.1#10.140)