Alasan Dinas Pariwisata gagal operasikan bus tingkat

Rabu, 19 Februari 2014 - 15:33 WIB
Alasan Dinas Pariwisata gagal operasikan bus tingkat
Alasan Dinas Pariwisata gagal operasikan bus tingkat
A A A
Sindonews.com - Rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengoperasikan bus tingkat pariwisata bulan ini nampaknya gagal. Armada khusus turis yang sudah dilaunching itu masih harus menjalani uji kelayakan di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata DKI Arie Budiman menuturkan, penyebab bus tingkat pariwisata ini lama diuji kelayakan, karena armada tersebut merupakan bus varian baru di Jakarta.

"Lima bus ini varian baru, sopirnya baru. Ini juga menyangkut ujicoba pengemudinya sampai seminggu. Hal ini sudah saya laporkan ke Pak Wagub (Basuki Tjahaja Purnama) dari tanggal 1 Februari," katanya di Balai Kota Jakarta, Rabu (19/2/2014).

Menurut Arie, karena uji kelayakan bus tingkat pariwisata ini belum selesai, maka nomor polisi armada tersebut secara otomatis belum bisa dikeluarkan. Bila dipaksakan beroperasi, bus tingkat itu nantinya melanggar aturan dan ditangkap polisi.

"Mobil ini varian baru dalam keadaan Complete Built Up (CBU). Jadi ada uji kelayakan. Semua prosedur itu harus kami ikuti. Memang agak lama itu dan di luar kontrol saya," bebernya.

Dia mengklaim, lima unit bus tingkat merek Wei Chai yang dibeli dari China ini berkualitas standar. Bahkan spesifikasi armada tersebut sudah disesuaikan dengan bus tingkat di Singapura dan Australia.

"Bus pariwisata spek dan kualitasnya harus baik. Untuk melihat itu dari fisiknya," tandasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0210 seconds (0.1#10.140)