DPD: Jangan sampai budaya kehilangan identitasnya

Kamis, 28 November 2013 - 18:34 WIB
DPD: Jangan sampai budaya kehilangan identitasnya
DPD: Jangan sampai budaya kehilangan identitasnya
A A A
Sindonews.com - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) adakan pagelaran kesenian Betawi bertajuk 'Festival Seni dan Budaya Betawi di Senayan' yang berlangsung di Plaza Nusantara III, Kompleks MPR RI, Senayan, Jakarta.

Ketua DPR RI Irman Gusman mengatakan, DPD mengapresiasi seluruh budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, termasuk budaya Betawi. Bahkan, budaya Betawi sudah menjadi budaya nasional, karena tanah Betawi menjadi Ibu Kota Negara.

"Semua pihak harus terus menumbuh-kembangkan budaya Betawi yang penuh dengan kearifan lokal tersebut. Terlebih di era globalisasi, perlu diantisipasi supaya jangan sampai budaya daerah kehilangan identitasnya sebagai bagian dari sejarah budaya bangsa," kata Irman di Jakarta, Kamis (28/11/2013).

Sementara itu, Wakil Ketua DPD Gusti Kanjeng Ratu Hemas mengatakan, bahwa kesenian tradisional mulai tergerus oleh perkembangan zaman. Padahal, upaya untuk melestarikan kebudayaan daerah diatur dalam konstitusi.

Maka menurutnya, dibutuhkan keterlibatan seluruh elemen bangsa untuk mempertahankan eksistensi budaya lokal serta menumbuh kembangkannya sehingga memperkaya khazanah budaya bangsa.

Festival Seni dan Budaya Betawi ini dihadiri oleh sejumlah anggota DPD serta dibuka oleh Ketua DPD Irman Gusman. Hadir pula, Deputi Pariwisata dan Budaya DKI Jakarta, Sylviana Murni mewakili Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0147 seconds (0.1#10.140)