Nuh juga pernah disebut miliki rekening mencurigakan

Selasa, 01 Oktober 2013 - 14:37 WIB
Nuh juga pernah disebut miliki rekening mencurigakan
Nuh juga pernah disebut miliki rekening mencurigakan
A A A
Sindonews.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh meminta kepada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), untuk membeberkan identitas pegawai negeri sipil (PNS) di kementeriannya yang terindikasi memiliki rekening mencurigakan sebesar Rp5 miliar.

"Kalau bisa Pak Yusuf (Kepala PPATK) bisa sampaikan, atas nama siapa supaya saya pun bisa tindak lanjuti. Kalau tidak, ini kan hanya jadi model diskusi di wilayah cyber saja," ujar Nuh, usai upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (1/10/2013).

Sebab, sejauh ini dia mengaku tidak mengetahui adanya hal demikian. "Oleh karena itu intinya kan begini, itu merujuk dari pengalaman saya sendiri, yang penting jelaskan duduk perkaranya. Kalau ada aliran ke rekening si A atau si B, jelaskan sumbernya dari mana," katanya.

Menurutnya, selama seorang PNS yang terindikasi memiliki rekening mencurigakan sebesar Rp5 miliar, itu bisa menjelaskan darimana sumbernya, tidak menjadi masalah.

"Orang kaya boleh, tapi caranya yang benar. Tapi kalau dari hasil yang tidak bisa dipertanggungjwabkan, ya harus ditindaklanjuti," ungkapnya.

Maka dari itu, mesti dijelaskan terlebih dahulu duduk perkaranya. "Siapa si A itu, rekeninghnya mana, atas nama siapa, apakah itu terkait dengan lembaga atau tidak. Yang jelas tidak boleh ada rekening pribadi. Rekening pribadi ya urusan pribadi. Jadi, uang kantor tidak boleh disimpan atas nama pribadi," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, PPATK melansir ada PNS Kemendikbud yang memiliki rekening mencurigakan senilai Rp5 miliar. Namun belum dapat dipastikan apakah uang tersebut hasil korupsi atau bukan.

Tidak hanya PPATK, Kejagung juga mengaku tengah menyelidiki kasus dugaan rekening mencurigakan milik empat orang pejabat di Kemendikbud.

Baca juga berita PPATK: PNS Kemendikbud miliki rekening Rp5 M.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6815 seconds (0.1#10.140)