Metro

Ahok setuju pabrik monorel ada di Jakarta

Selasa,  17 September 2013  −  20:18 WIB
Ahok setuju pabrik monorel ada di Jakarta
Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. (Dok. Sindo)

Sindonews.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku, sudah mengetahui rencana pembuatan pabrik monorel di Jakarta, dari hasil laporan PT Jakarta Monorail (JM), Senin 16 September 2013.

Pria yang biasa disapa Ahok ini mengatakan, setuju dengan rencana tersebut. Tetapi, harus ada MoU sebagai bentuk kerja sama antara pihak monorel dengan Pemprov DKI mewakili Indonesia.

"Itu kemarin laporan dari investornya bilang begitu. Makanya nanti dia mau MoU, kita lihat dulu benar enggak? Jadi presiden China kan mau datang APEC. Nanti si BUMN China yang buat monorail ini akan tanda tangan di depan SBY dan presiden China menyaksikan tanda tangan monorail ini," katanya di Balai Kota Jakarta, Selasa (17/9/2013).

Sementara mengenai lokasi pembuatan pabrik, Ahok sendiri belum tahu. Karena, kata dia, ini baru rencana pihak monorel.

"Tergantung swasta. Prinsipnya kita dukung. Mereka yang putusin. Itu urusan mereka untuk B to B (bussines to bussines) saja," pungkasnya.

Sebelumnya, Ortus Holding sebagai konsorsium pelaksana pembangunan fisik proyek monorail Jakarta akan bekerja sama dengan Changchun Railways Vehichels Co Ltd untuk membuat pabrik kereta monorail di Indonesia.

Penandatanganan kontrak tersebut akan dilakukan pada 2 oktober 2013 dengan induk kontrak dengan pihak China Northern Railways (CNR).


(mhd)

views: 1.580x
shadow