Metro

Buruh sodorkan 84 item KLH ke Ahok

Selasa,  3 September 2013  −  13:55 WIB
Buruh sodorkan 84 item KLH ke Ahok
Demo buruh di Balai Kota DKI. (andry/sindonews)

Sindonews.com - Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Muhamad Rusdi menemui Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Balai Kota.

Di hadapan Ahok, perwakilan massa buruh ini menjelaskan Kebutuhan Hidup Layak (KLH) di Jakarta terus meningkat sehingga elemennya menuntut kenaikan UMP dari Rp2,2 juta menjadi Rp3,7 juta.

"Kami menilai komponen kebutuhan hidup layak terus naik," kata Rusdi dengan didampingi belasan buruh yang semula berunjuk rasa di depan gerbang Balai Kota, Selasa (3/9/2013).

Rusdi menjelaskan, saat KHL yang tercantum hanya terdiri dari 60 item. Seharusnya komponen KHL itu mencapai 84 item. Bahkan hingga kini ada beberapa KHL yang dinilai tidak sesuai dengan kondisi di lapangan. Misalnya, transportasi dan tempat tinggal.

"Sewa kamar saja per bulan paling murah Rp500 ribu," terangnya kepada Ahok.

Menurutnya, pemerintah hanya menggantungkan kenaikan upah dari inflasi. Padahal, hitungan nilai di pasaran justru lebih besar dari laju inflasi.

Di tempat yang sama, Sekretaris Jenderal Forum buruh DKI, Muhammad Toho menuntut Ahok segera merealisasikan janjjnya menaikan upah buruh.

"Dulu bapak pernah menyampaikan bahwa idealnya gaji buruh DKI Rp3,5 juta," pungkasnya.


(ysw)

views: 2.239x
Bagikan artikel ini :
shadow