Apakah Kanker Usus Seperti yang Diidap Ibunda Kiki Farrel Mematikan? Begini Penjelasannya

Jum'at, 13 Mei 2022 - 18:50 WIB
loading...
Apakah Kanker Usus Seperti yang Diidap Ibunda Kiki Farrel Mematikan? Begini Penjelasannya
Kanker usus, penyakit yang diidap ibunda Kiki Farrel, Dahlia merupakan penyebab kematian akibat kanker kedua tertinggi di Indonesia dan ketiga di dunia. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Kanker usus , penyakit yang diidap ibunda Kiki Farrel , Dahlia merupakan penyebab kematian akibat kanker kedua tertinggi di Indonesia dan ketiga tertinggi di dunia, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sekitar sepertiga dari semua orang dengan kanker usus dan kanker di rektum meninggal karena penyakit ini dalam waktu 5 tahun setelah diagnosis. Seperti halnya kanker, semakin lama penundaan pengobatan, semakin besar bahayanya.

Dilansir dari Health Day, Jumat (13/5/2022) kabar baiknya adalah kematian akibat penyakit ini telah menurun dibandingkan dengan satu dekade lalu, dan deteksi dini tampaknya menjadi salah satu alasannya.

Secara umum, kanker usus bukan penyakit anak muda. Faktanya, lebih dari sembilan dari 10 pasien berusia di atas 50 tahun. Namun, beberapa orang memiliki kondisi bawaan yang membuat mereka rentan terhadap kanker usus besar pada usia yang jauh lebih muda.




Misalnya, orang dengan poliposis adenomatosa familial atau suatu kondisi langka di mana ratusan polip terbentuk di usus besar. Kondisi ini dapat mengembangkan kanker usus besar di usia 20-an. Jika tidak diobati, hampir semua orang dengan masalah ini akan mengembangkan kanker pada usia 40 tahun.

Dilansir dari Cancer.net, penderita kanker usus secara keseluruhan memiliki tingkat kelangsungan hidup 5 tahun sebesar 67 persen. Apabila kanker didiagnosis pada tahap lokal, tingkat kelangsungan hidupnya adalah 90 persen.

Kemudian, pada kanker yang telah menyebar ke jaringan atau organ disekitarnya atau kelenjar getah bening regional, tingkat kelangsungan hidup 5 tahun adalah 73 persen. Lalu, kanker telah menyebar ke bagian tubuh yang jauh, tingkat kelangsungan hidup 5 tahun adalah 17 persen.

Sementara itu, kanker usus adalah istilah umum untuk kanker yang dimulai di usus besar. Tergantung di mana kanker dimulai, kanker usus terkadang disebut kanker usus besar atau rektal. Gejala kanker usus dapat mencakup pendarahan dari bagian belakang, darah dalam kotoran atau perubahan kebiasaan buang air besar yang normal.


Faktor risiko kanker usus termasuk usia Anda, riwayat keluarga, faktor gaya hidup dan kondisi medis lainnya. Perawatan tergantung pada apakah Anda menderita kanker usus besar atau rektum, serta stadium kanker. Anda mungkin menjalani operasi, radioterapi atau kemoterapi atau kombinasi dari semuanya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2320 seconds (0.1#10.140)