Fakta Meninggalnya Jang Ja Yeon, Artis Korea yang Dipaksa Jadi Budak Seks 31 Pria

Rabu, 11 Mei 2022 - 17:57 WIB
loading...
Fakta Meninggalnya Jang Ja Yeon, Artis Korea yang Dipaksa Jadi Budak Seks 31 Pria
Jang Ja Yeon, artis Korea yang dipaksa menjadi budak seks 31 pria meninggal dunia pada 7 Maret 2009. Jang Ja Yeon ditemukan tak bernyawa di rumahnya. Foto/Koreaboo
A A A
JAKARTA - Jang Ja Yeon , artis Korea yang dipaksa menjadi budak seks 31 pria meninggal dunia pada 7 Maret 2009. Menghembuskan napas terakhir di usia 29 tahun, Jang Ja Yeon ditemukan tak bernyawa di rumahnya di Seongnam oleh kakak perempuannya.

Jang Ja Yeon meninggalkan dokumen panjang yang mengungkapkan 31 nama terkenal di industri hiburan yang telah melecehkannya secara seksual. Dia mengklaim bahwa manajernya, Kim Sung Hoon sering memukulinya dan memaksanya berhubungan seks dengan sejumlah CEO dan eksekutif media.

Dilansir dari Koreaboo, Rabu (11/5/2022) setelah kematian Jang Ja Yeon, polisi merilis penyelidikan atas penyebab kematiannya dan klaim pelecehan seksual Jang Ja Yeon. Penyebab kematian Jang Ja Yeon dinyatakan sebagai bunuh diri, karena penyelidik tidak menemukan bukti kekerasan.

Lebih dari 40 petugas polisi menyelidiki kasus Jang Ja Yeon selama empat bulan dan kantor kejaksaan juga menugaskan tim investigasi khusus untuk kasus tersebut. Tak satu pun dari mereka yang disebutkan namanya oleh Jang Ja Yeon dinyatakan bersalah.


Pengadilan memutuskan bahwa tuduhan Jang Ja Yeon tidak memiliki bukti. Hanya CEO agensi Jang Ja Yeon dan manajer Jang Ja Yeon, Kim Sung Hoon, yang didakwa melakukan kekerasan dan pencemaran nama baik. CEO menerima 4 bulan penjara dan 1 tahun masa percobaan, karena melecehkan aktris secara fisik.

Sementara sang manajer menerima 1 tahun penjara, 2 tahun masa percobaan, dan 160 jam pelayanan masyarakat karena mencemarkan nama baik CEO. Pada 2018, banyak orang yang mengingat kasus Jang Ja Yeon dan menyerukan penyelidikan ulang.

Pada Februari 2018, petisi Blue House dimulai dan ditandatangani lebih dari 230.000 kali, mendesak jaksa untuk menyelidiki kembali kasusnya. Pada Juni 2018, Yoon Ji Oh, teman Jang Ja Yeon yang merupakan artis satu agensi dengan Jang Ja Yeon bersaksi untuk pertama kalinya

Dia mengaku telah menyaksikan Jang Ja Yeon diserang secara seksual pada hari ulang tahun CEO agensi mereka. "Dia (penyerang) menariknya (Jang Ja Yeon) dari meja ke pangkuannya dan mulai melecehkannya secara seksual. Ini adalah pertama kalinya saya melihat ini terjadi dengan mata kepala sendiri," kata Yoon Ji Oh.

Baca Juga: Yoon Ji Oh Klarifikasi Skandal Seks Mendiang Jang Ja Yeon

Pada 8 Mei 20019, tim investigasi menyatakan laporan akhir kasus itu akan diserahkan ke Kementerian Kehakiman pada 13 Mei 2019. Laporan akhir akan mencakup informasi yang dikumpulkan oleh tim sejak kasus dibuka kembali pada April 2018.

Tim investigasi tersebut secara resmi mendakwa seorang mantan reporter di surat kabar Chosun Ilbo karena melakukan pelecehan seksual terhadap Jang Ja Yeon, dan mereka juga menyelidiki mantan CEO TV Chosun Bang Jung Oh dan pamannya Bang Yong Hoon.

Dilansir dari Allkpop, mereka ada dalam daftar pelecehan seksual yang ditulis oleh Jang Ja Yeon sebelum meninggal. Sedangkan Yoon Ji Oh dan aktris veteran Lee Mi Sook, yang dituduh terlibat, juga diwawancarai.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2446 seconds (0.1#10.140)