Metro

Ini kriteria kota layak untuk anak

Senin,  24 Juni 2013  −  17:27 WIB
Ini kriteria kota layak untuk anak
Ilustrasi. (Dok. Sindonews)

Sindonews.com - Kota layak tidak hanya yang memiliki bangunan mewah serta gedung yang menjulang tinggi. Tetapi, kota yang memiliki ruang dan fasilitas penujang bagi tumbuh kembang anak, agar mereka bisa menikmati masa kecilnya dan tidak tumbuh di jalanan.

"Kriterianya, di kampung harus ada fasilitas-fasilitas dimana anak bisa tumbuh kembang. Ada perangkat informasi teknologi juga agar anak yang berada di kawasan kumuh bisa mengakses, mengerti dan mengoperasikan komputer, serta mengakses buku," kata Jokowi saat peluncuran kota layak anak di rumah susun (rusun) Cinta Kasih, di Kalideres, Jakarta Barat, Senin (24/6/2013).

Pada tahap pertama, kata pria yang biasa disapa Jokowi ini, pemerintah akan membangun berbagai fasilitas menjadi kota yang layak bagi anak-anak.

Fasilitas tersebut, tambahnya, sedang dipersiapkan seperti perpustakaan kampung, IT kampung, forum anak.

"Semuanya nanti akan dibangun ditingkat wali kota dulu. Kita juga ingin memperbanyak ruang publik buat anak, seperti taman kota yang dilengkap fasilitas bermain anak. Sehingga ruang interaktif antara anak semakin banyak," harapnya.


(mhd)

views: 1.984x
shadow