Metro

Korban limbah timbel demo Kantor Bupati Bogor

Jum'at,  17 Mei 2013  −  15:29 WIB
Korban limbah timbel demo Kantor Bupati Bogor
Demo warga korban limbah timbel. (Haryudi/Koran Sindo)

Sindonews.com - Puluhan warga Desa Cinangka, Ciampea, Kabupaten Bogor yang tergabung dalam Gerakan Anti Pencemaran (GAP) berunjuk rasa di depan Kantor Bupati Bogor, Jalan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor.

Mereka menuntut Bupati Bogor Rachmat Yasin menutup tempat peleburan aki bekas (bahan baku industri battery, elektonika, cat) yang letaknya tak jauh dari pemukiman warga.

"Anak saya sampai sekarang masih sering batuk-batuk. Setelah diperiksa ke dokter anak saya kena paru-paru, sebelum ada pengolahan limbah aki bekas itu, anak saya sehat," kata Iis Agustina, 33, warga RT 05/05, Desa Cinangka, Griya Salak Endah, Ciampea, Kabupaten Bogor, di sela-sela aksinya, Jumat (17/5/2013).

Hal senada diungkapkan, Irman Jasa (31), warga Griya Salak Endah, Ciampea, Kabupaten Bogor. Menurutnya, sejak adanya home industry peleburan aki Muhammad Arbi Arafah (6), anak pertamanya sering mengalami gangguan di pernafasan.

"Setelah diperiksa ke dokter, anak saya menderita Inspeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), dan lama sembuhnya. Saya yakin ini karena adanya beberapa titik bedeng yang dijadikan peleburan aki bekas," katanya.

Ia menjelaskan, dampak peleburan aki terasa saat pukul 21.00 dan 23.00 WIB. "Kalau siang enggak ada peleburan, tapi pas malam hari, asap bau menyengat pembakaran aki sangat terasa," tandasnya.

Sementara itu, Ustad Dedi salah satu kordinator aksi GAP Desa Cinangka mengatakan sudah banyak korban akibat pencemaran timbel peleburan aki ini, khususnya anak-anak.

"Kami minta bupati menghentikan pencemaran dari peleburan aki bekas, selain itu Pemkab Bogor juga harus melakukan clean up di kawasan yang sudah tercemar timbel. Sebab sudah banyak korban berjatuhan, hingga meninggal dunia," tandasnya.

Para pengunjuk rasa yang didominasi kaum perempuan dan anak-anak itu akhirnya di terima oleh perwakilan Pemkab Bogor di gedung Sekretariat Daerah (Setda).


(hyk)

views: 1.599x
shadow