Metro

PAM Jaya olah air limbah jadi air bersih

Kamis,  13 Juni 2013  −  21:19 WIB
PAM Jaya olah air limbah jadi air bersih
Ilustrasi. (Sindophoto)

Sindonews,com - Perusahaan Air Minum PAM Jaya, akan mengolah air limbah dari Waduk Pluit untuk dijadikan air bersih. Air tersebut nantinya, akan dialirkan pada warga berpenghasilan rendah yang tinggal di Rusun Pluit dengan harga Rp1,050 per 10 meter kubik pertama.
 
Direktur Utama PAM Jaya Sri Widayanto mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan infrastruktur pengolahan air bersih di Waduk Pluit. Instalasi pengolahan air tersebut, nantinya dapat menghasilkan air bersih sebanyak 2,5 hingga 5 liter air per detik.
 
"Itu bisa untuk mengairi 800 kepala keluarga," ujarnya dalam konferensi pers di Gedung PAM Jaya, Jalan Penjernihan, Jakarta Pusat, Kamis, (13/6/2013).
 
Namun demikian, menurut dia, kualitas air di Waduk Pluit hingga saat ini masih fluktuatif dan terus berubah-ubah. Dia menjelaskan, bisa jadi hari ini saat di tes di laboratorium, kualitas air sudah memenuhi standar minimal kesehatan. Namun esok harinya, kualitas air kembali turun dan tidak memenuhi standar.
 
"Karena itu kita harus siapkan treatment tambahan," tambah Sri Widayanto.
 
Menurut dia, untuk mendapatkan air bersih, warga berpenghasilan rendah di Rusun Pluit hanya akan dikenakan tarif Rp1,050 per 10 meter kubik pertama. Apabila pemakaian air meningkat, tambah Sri, maka warga akan dikenakan tarif progresif.
 
"Tapi masih terjangkau dan di bawah tarif operator," ujar dia. 
 
Dia menambahkan, pekan depan PAM Jaya akan meluncurkan instalasi pengolahan air limbah di Waduk Pluit tersebut. Namun, dia belum memiliki tanggal pasti kapan acara launching tersebut akan digelar.


(stb)

views: 1.273x
shadow