Metro

Mulai hari ini KA pakai eticketing

Rabu,  15 Mei 2013  −  17:04 WIB
Mulai hari ini KA pakai eticketing
Ilustrasi (dok:Istimewa)

Sindonews.com - Uji coba elektronik ticketing Kereta Api (KA) mulai diberlakukan sejak pagi tadi, dari keberangkatan Jakarta menuju Bogor. Namun dibatasi hanya sampai pukul 15.00 WIB.

Sejumlah stasiun sudah memasang pintu get in dan get out. Bahkan beberapa stasiun tampak sudah merenovasi peron agar dapat menampung hingga 10 peron. Sejak resmi diberlakukan nanti, pada Juni 2013, maka seluruh pintu masuk hanya satu pintu yang berlaku.

“Penumpang yang tidak berkepentingan nanti tidak boleh masuk peron. Jadi harus steril,” kata Kepala Stasiun Pondok Cina Cahyono, di Depok, Rabu (15/5/2013).

Secara teknis, penumpang membeli eticketing seharga tiket manual. Kemudian sebelum masuk peron, tiket ditempelkan ke pintu get in. Ketika sampai di stasiun tujuan, tiket tersebut dimasukkan dalam pintu get out.

“Namun kalau tidak sesuai tujuan, tidak akan terbaca. Misalnya, tujuan ke Stasiun UI tapi turun di Stasiun Pondok Cina, maka tiketnya enggak akan terbaca di Stasiun Pondok Cina,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Stasiun UI Akyadi mengatakan, pihaknya belum memiliki alat pembaca eticketing. Sehingga pihaknya terpaksa mengambil tiket dari penumpang dan mengumpulkan secara manual. “Kemudian dibawa ke Stasiun Pondok Cina,” terangnya.

Akyadi mengaku, tak tahu sampai kapan mereka memakai manual setelah eticketing diberlakukan. “Ya sampai peron steril, syarat pembuatan get in dan get out itu kan harus steril,” tutupnya.


(san)

views: 1.866x
Bagikan artikel ini :
shadow