PM Pakistan kutuk serangan drone AS

Senin, 10 Juni 2013 - 23:54 WIB
PM Pakistan kutuk serangan drone AS
PM Pakistan kutuk serangan drone AS
A A A
Sindonews.com – Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif pada Senin (10/6/2013), mengutuk serangan pesawat tak berawak (drone) Amerika Serikat (AS). Sharif menyebutnya sebagai pelanggaran kedaulatan nasional. Hal ini disampaikan Sharif dalam sambutannya pada pertemuan kabinet pertama.

Sharif telah mengkritik serangan pesawat tak berawak AS di wilayah kesukuan negara itu, sejak ia memangku jabatan sebagai Perdana Menteri Pakistan, pekan lalu. Operasi drone AS yang dikendalikan CIA telah melakukan satu serangan di Waziristan Utara, dua hari setelah Sharif dilantik menjadi Perdana Menteri.

Sharif mengatakan kepada kabinet, bahwa pemerintahnya telah menetapkan kebijakan untuk melawan serangan drone, tapi dia tidak menjelaskan secara detil kebijakan itu. "Ini adalah masalah kekhawatiran, bahwa setelah mengambil alih pemerintahan baru, serangan drone tidak dapat diterima dengan cara apapun," kata Sharif, seperti dikutip dari Xinhua.

Pernyataan Sharif itu datang, pada saat partai oposisi mengajukan sebuah resolusi terhadap serangan drone di Parlemen Nasional. Mantan Menteri Luar Negeri Pakistan, Shah Mehmood Qureshi, yang juga seorang pemimpin utama dari Partai Tehrik-e-Insaf Pakistan (PTI), mengatakan, resolusi itu berupaya mengutuk serangan drone dan untuk menghentikan serangan drone.

Resolusi tersebut menambahkan, bahwa warga sipil tak berdosa telah tewas dalam serangan itu dan meminta pemerintah federal untuk menghapuskan semua perjanjian yang berkaitan dengan serangan drone AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3145 seconds (0.1#10.140)