Libur Paskah, jalur Puncak macet total

Jum'at, 29 Maret 2013 - 14:22 WIB
Libur Paskah, jalur Puncak macet total
Libur Paskah, jalur Puncak macet total
A A A
Sindonews.com - Libur panjang Paskah dan akhir pekan banyak dimanfaatkan warga Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) untuk berwisata di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Akibatnya, arus lalu lintas dari dan menuju Jalan Raya Puncak macet total, sepanjang 8 kilometer. Terpantau, kepadatan arus lalu lintas terjadi mulai dari Gerbang Tol Ciawi hingga KM 81 Jalan Raya Puncak.

Kepadatan terjadi sejak pukul 07.00 WIB hingga 09.00 WIB. Kondisi tersebut membuat petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor kewalahan dalam mengatur dan mengantisipasi kemacetan parah.

"Kita berlakukan one way (satu jalur), hingga saat ini sudah dua kali, pada pukul 09.00 WIB dan 10.00 WIB. One way diberlakukan selama dua jam. Pada pukul 11.00 WIB, jalur kembali normal dua arah," kata Kasatlantas Polres Bogor AKP Edwin Affandi saat ditemui di Pos Polisi II B Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jumat (29/3/2013).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, titik-titik kemacetan tersebut yakni selain sebelum Gerbang Tol Ciawi, juga terjadi dibeberapa persimpangan yakni Simpang Gadog, Megamendung, Taman Wisata Matahari (TWM), Pasar Cisarua, dan Taman Safari Indonesia (TSI).

"Untuk kendaraan yang datang dari Puncak maupun ke Cianjur sebagian kita tutup di Riung Gunung. Kita lebih memprioritaskan kendaraan yang datang dari arah Jakarta," katanya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, selain menerapkan one way, pihaknya juga melakukan sosialisasi terhadap pengguna jalan agar tertib dan tidak saling mendahului saat antrean kendaraan menuju Puncak terjadi.

"Pada libur panjang kali ini, kita juga mengerahkan 150 personel yang ditempat di titik-titik kemacetan," ungkapnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4292 seconds (0.1#10.140)