70 persen pelajar Depok tak hafal Pancasila

Minggu, 26 Mei 2013 - 17:52 WIB
70 persen pelajar Depok tak hafal Pancasila
70 persen pelajar Depok tak hafal Pancasila
A A A
Sindonews.com - Dinas Pendidikan Kota Depok melakukan survei kepada pelajar Depok, dari tingkat SD hingga SMA terkait sila dalam Pancasila sebagai dasar negara. Dari survei yang dilakukan lembaga survei tahun 2012 di Depok, dengan responden 100 siswa dari SD-SMA tercatat, 70 persen pelajar Depok tidak hafal dasar negara Indonesia Pancasila.

"Memang survei itu tidak mewakili, namun ini sebagai peringatan buat kami agar generasi muda dapat menghafal dan mengamalkan sila-sila Pancasila," tutur Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Herry Pansila, di Depok, Minggu (25/05/2013).

Menurut Herry, agar pelajar di Depok dapat menghafal dan mengamalkan sila-sila Pancasila maka pendidikan Pancasila, akan dimasukan dalam kurikulum 2013. Dengan begitu diharapkan juga para pelajar menghargai para pejuang yang berupaya merebut kemerdekaan, dan mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara.

Selain itu, lanjutnya, dengan memahami Pancasila maka pelajar dapat mencegah terjadinya tawuran pelajar. Hal itu juga ditambah dengan kurikulum budi pekerti.

"Sebab pada sila ketiga berbunyi "Persatuan Indonesia". Kemudian juga jika menolak Pancasila, berarti juga menolak agama. Karena pada sila pertama berbunyi "Ketuhanan Yang Maha Esa" tak hanya itu, antarwarga juga tidak saling memfitnah," tegasnya.

Padahal, kata dia, Pancasila adalah rohnya Bangsa Indonesia yang berbhineka tunggal ika.

"Jangan sampai Indonesia menjadi negara federal," imbuhnya.

Hery berharap, Bangsa Indonesia tidak seperti Belanda. Di Amsterdam 99,9 persen wargannya ateis.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5887 seconds (0.1#10.140)