Metro

Pembangunan waduk di Cimanggis tak selesaikan banjir Jakarta

Minggu,  27 Januari 2013  −  15:57 WIB
Pembangunan waduk di Cimanggis tak selesaikan banjir Jakarta
Pengungsian korban banjir di Jakarta (foto:Satibi/Sindonews)

Sindonews.com - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Depok Misbahul Munir mengatakan, pihaknya siap untuk mencari lahan pembuatan waduk. Dipersiapkan, lahan tersebut akan berada di kawasan Cimanggis. Pembangunan Waduk Cimanggis dan Ciawi, Kabupaten Bogor, tersebut ditujukan untuk menanggulangi banjir di DKI Jakarta.

"Ini kan rencana Kementerian Pekerja Umum dan dikerjakan oleh mereka melalui APBN. Kami hanya ketempatan saja, karena itu kami hanya mencarikan lahannya. Lahan yang dibutuhkan nampaknya luas," kata Munir, Minggu (27/1/2013).

Namun pihaknya belum dapat memperkirakan berapa luas lahan yang diperlukan. Waduk itu nantinya digunakan untuk menampung air Sungai Ciliwung sementara sebelum menuju DK Jakarta dikala debit air Sungai Ciliwung tinggi. Untuk itu dari Sungai Ciliwung akan dibuatkan sodetan ke waduk tersebut. 

"Waduk itu harus kuat sehingga tidak jebol seperti Situ Gintung. Harus dibuat tahan lama," paparnya.

Sementara itu, Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail menyatakan, pembangunan waduk tidak akan menyelesaikan banjir di Jakata. Karena jika debit air Sungai Ciliwung besar maka Jakarta tetap akan banjir. Sedangkan Depok memiliki 24 situ.

"Di Depok ada 270 hektar kawasan situ. Jika situ itu kedalamannya satu meter, maka dapat menampung lima juta meter kubik air. Bila situ itu dalamnya dibuat lima meter maka berapa air yang bisa ditampung," tuturnya.


(san)

views: 917x
Bagikan artikel ini :
shadow